Raden Fathan Kamil Ketua Umum DPP HA IPB.
Raden Fathan Kamil Ketua Umum DPP HA IPB.

SERANG, beritajuang.com – Ketua Umum DPP Himpunan Alumni Institut Pertanian Bogor (HA IPB) Fathan Kamil meminta kepada para pengurus HA IPB Provinsi Banten agar meluruskan niat pada diri masing-masing untuk turut mendorong kemajuan wilayahnya.

IPB, kata Fathan, merupakan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) peringkat ketiga terbaik se-Indonesia setelah Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Gadjah Mada (UGM), sehingga menurutnya, sudah sepantasnya alumni IPB dapat menunjukan kualitas yang baik dengan memberikan manfaat kepada masyarakat, karena IPB diisi oleh orang-orang terbaik di bangsa ini.

“Sehingga cara menkonsolidasi organisasi dan membangun program kerja kita dengan menunjukkan kelas. Dan kelas kita bukan kelas proyek, tetapi kelas kita bagaimana caranya membangun daya dorong dari luar Indonesia agar masuk ke Banten,” kata Fathan di acara pelantikan pengurus DPD HA IPB Banten periode 2020-2024 dan pengurus ARM DPD HA IPB Banten, yang digelar di aula Gedung Negara/Pendopo Lama Pemprov Banten, Selasa 10/3/2020.

Ia juga berharap kepada seluruh alumni IPB di Banten agar bisa menjadi mitra strategis bagi stakeholder yang ada Banten, sehingga dapat mendorong untuk memaksimalkan semua potensi yang ada di Banten. Sehingga alumni IPB dapat benar-benar mampu mendorong kesejahteraan masyarakat Banten agar lebih baik lagi.

“Program-programnya tentu tidak jauh dari lini otoritas kemampuan alumni IPB, seeprti di sektor pertanian, sektor agro industri, sektor pemberdayaan masyarakat dan lainnya. Itu menjadi hal penting dan strategis karena hampir 40 persen masyarakat kita berbasis di sektor pertanian,” imbuhnya.

Raden Fathan Kamil Ketua Umum DPP HA IPB bersama Ketua DPD HA IPB Banten Junaedi Ibnu Jarta.
Raden Fathan Kamil Ketua Umum DPP HA IPB bersama Ketua DPD HA IPB Banten Junaedi Ibnu Jarta.

Ketua HA IPB Banten Junaedi Ibnu Jarta menyatakan bahwa pihaknya akan senantiasa mentaati instruksi dan arahan dari DPP dalam hal apapun, terutama dalam hal program-program kerja, sehingga kata Junaedi, HA IPB Banten dapat turut serta membangun Provinsi wilayahnya secara nyata, secara independen, profesional, terbuka dan akuntabel.

Sejauh ini, lanjut Junaedi, DPD HA IPB Banten sudah melaksanakan dan telah merencanakan beberapa agenda program ke depan. “Kemarin kita sudah melaksanakan baksos, kemudian penaman 1000 pohon, pengobatan gratis dan pembagian sembako di lokasi bencana di Lebak. Untuk program kerja ke depan kita juga ada program MoU dengan beberapa perusahaan, kemudian kita juga ikut andil untuk memikirkan desain kemajuan Taman Hutan Raya (Tahura), selain itu kita juga akan bikin usaha bioflok,” tukasnya. (RIO)