Dherie Permana Heriawan Ketua ARM DPD HA IPB Banten.
Dherie Permana Heriawan Ketua ARM DPD HA IPB Banten.

SERANG, beritajuang.com – Dherie Permana Heriawan resmi dilantik menjadi Ketua Aksi Relawan Mandiri (ARM) Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Himpunan Alumni Institut Pertanian Bogor (HA IPB) Banten. Pelantikan dilakukan langsung oleh pengurus DPP ARM HA IPB di Aula Gedung Negara/ Pendopo Lama Pemprov Banten pada (10/03).

Ditemui, Dherie menerangkan kepada beritajuang.com bahwa, ARM ini menurutnya badan otonom bidang kemanusiaan yang dibentuk HA IPB 2019 lalu. Fungsi ARM sendiri kata Dherie, yakni untuk mewadahi kepedulian alumni IPB dalam bentuk kegiatan kesukarelawanan untuk membantu pemerintah meringankan beban masyarakat yang terdampak bencana alam dan krisis kemanusiaan lainnya yang terjadi di tanah air ini.

Baca Juga: Pengurus DPD HA IPB Banten Periode 2020-2024 Resmi Dikukuhkan Dan Dilantik Oleh DPP HA IPB

Dherie Permana Heriawan Ketua ARM DPD HA IPB Banten siap jalankan program kerja.
Dherie Permana Heriawan Ketua ARM DPD HA IPB Banten (Memakai Topi ARM) siap jalankan program kerja.

“Sesuai visi ARM, yaitu ‘bermartabat menebar manfaat’, maka kita bersama jajaran pengurus sudah berkomitmen untuk terus meningkatkan peran kemanusiaan, dengan memberikan manfaat kepada masyarakat, terutama masyarakat terdampak bencana alam dan krisis kemanusiaan lainnya”, kata Dherie Permana Hermawan kepada beritajuang.com Kamis (12/03/2020).

Lebih lanjut Dherie menjelaskan bahwa, dibentuknya ARM ini menurutnya, selain untuk menampung dan mendayagunakan energi kebaikan para alumni dalam kepedulian terhadap bencana, juga bertujuan untuk dapat menstimulasi dinamika aktivitas alumni IPB, baik tingkat DPD maupun DPC.

“Dan terpenting, kita juga tentunya akan turut mempertahankan dan meningkatkan predikat bangsa Indonesia sebagai bangsa paling dermawan di dunia”, ujarnya.

Baca Juga: IPB Peringkat Terbaik, Alumni IPB Banten Diminta Unjuk Kualitas

Adapun program-program ARM, terang Dherie, diproyeksikan pada enam bidang, diantaranya tanggap darurat bencana, layanan kesehatan, pendidikan berupa sekolah darurat, penyediaan serta distribusi perlengkapan dan alat sekolah.

“Kemudian di bidang ekonomi berupa program stimulus untuk UKM, program pendampingan kepada kalangan petani, peternak, pekebun dan nelayan”, imbuhnya.

Selanjutnya, kata Dheri, di bidang kemanusiaan, ARM juga memliki program yang dinamakan Algana (Alumni Siaga Bencana). Dan terakhir di bidang kesiapsiagaan, ARM juga akan melakukan pelatihan penanggulangan bencana dengan target civitas akademik IPB, alumni, serta masyarakat di daerah bencana binaan.

“Relawan ARM ini menjalankan tugasnya melalui pemberian layanan, baik langsung maupun tidak langsung kepada masyarakat yang membutuhkan, dengan tujuan memberi manfaat kepada masyarakat”, tukasnya. (RIO)

SMSI