STISIP Setia Budhi Rangkasbitung, Lebak Institut, DPD HA IPB Banten, BIGS Millenial bersinergi lakukan potensi lokal.
STISIP Setia Budhi Rangkasbitung, Lebak Institut, DPD HA IPB Banten, BIGS Millenial bersinergi lakukan potensi lokal.

LEBAK, beritajuang.com– Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) STISIP Setia Budhi Rangkasbitung bersama Lebak Institut, DPD HA IPB Banten, BIGS Millenial melakukan kegiatan pengabdian masyarakat di Kampung Hariang, Desa Hariang, Kecamatan Sobang, Kabupaten Lebak. Senin (16/03/2020).

Pada kesempatan ini, kegiatan ini bertajuk, ‘Melalui Pengabdian Masyarakat Kita Kembangkan Potensi Pariwisata di Wilayah Kecamatan Sobang dengan Menjunjung Tinggi Nilai Kebangsaan, Gotong Royong, dan Kearifan Lokal’. Dan, kegiatan ini berlangsung selama dua hari (15-16/03) dihadiri oleh sejumlah pihak, terutama Pemerintah Desa Hariang, santri, masyarakat dan stakeholders lainnya.

Bersama Kepala Desa Hariang Ibu Nani Ristiani dan Anak-Anak memperoleh Bingkisan
Bersama Kepala Desa Hariang Ibu Nani Ristiani dan Anak-Anak memperoleh Bingkisan.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini sering kami lakukan secara periodik. Pasalnya, kami ingin mengembangkan potensi alam, menjaga kelestarian lingkungan, menjaga nilai-nilai kebangsaan yang tampaknya mulai terkikis, misalnya, memperkuat budaya gotong royong kembali di lingkungan masyarakat serta mengembangkan dan menjaga kearifan lokal di tengah-tengah era disrupsi.

“STISIP Setia Budhi tentunya memiliki komitmen tinggi untuk mengembangkan daerah sesuai potensi yang dimilikinya dan menjaga hubungan antara masyarakat dan perguruan tinggi”, kata Harits Hijrah Wicaksana, selaku Ketua STISIP Setia Budhi Rangkasbiting.

Lebih lanjut, pakar kebijakan publik ini juga mengatakan bahwa maksud kedatangannya ke Desa Hariang ini ialah untuk membangun silaturahmi dan menggali potensi desa yang dapat dikembangkan. Sekaligus memberikan alat tulis, sejadah, Al-Qur’an, buku, iqro dan sosialisasi kesehatan.

Dalam hal ini, LPPM STISIP Setia Budhi berkolaborasi dengan sejumlah pihak, termasuk DPRD Kabupaten Lebak, Lebak Institute, DPD HA IPB Banten, Banten Institute for Governance Studies (BIGS), dan Cipta Sarana Grafika.

Baca Juga: Festival Mancing Leuwi Tutupan Sangat Meriah, Desa Hariang Perlu Tingkatkan Pariwisata Kearifan Lokal

Pemberian Karpet secara simbolis untuk kebutuhan Masjid di Desa Hariang yang diterima oleh Kepala Desa Hariang Ibu Nani Ristiani
Pemberian Karpet secara simbolis untuk kebutuhan Masjid di Desa Hariang yang diterima oleh Kepala Desa Hariang Ibu Nani Ristiani

“Saya selaku Pemerintah Desa Hariang dan masyarakat mengucapkan terima kasih banyak atas sumbangsih yang diberikan oleh STISIP Setia Budhi Rangkasbitung, DPRD Kabupaten Lebak, dalam hal ini, Junaedi Ibnu Jarta, Direktur Eksekutif BIGS, Direktur Lebak  Institute, dan Cipta Sarana Grafika yang telah memerhatikan kami. Dan, kami sangat senang atas kedatangan semuanya”, ujar Ibu Nani Ristiani, selaku Kepala Desa Hariang.

Ia melanjutkan, kami juga menunggu kehadiran rekan-rekan kembali untuk datang ke sini untuk membangun desa melalui tri dharma Perguruan Tinggi, pengabdian kepada masyarakat.

Terakhir, pengamalan Tri Dharma Perguruan Tinggi, pengabdian masyarakat direncanakan akan berlangsung di Kecamatan Sobang ini.

Terpisah, Junaedi Ibnu Jarta selaku Pimpinan DPRD Lebak dan Ketua DPD HA IPB Banten sangat mendukung untuk kemajuan pariwisata yang berada di Kecamatan Sobang.

“Di DPRD saya akan menjadi garda terdepan dalam mendukung pariwisata yang berbasis potensi kearifan lokal dan budaya. Karena dengan budaya dan kearifan lokal kita mampu menjunjung tinggi nilai-nilai positif yang dapat kita adopsi dalam kehidupan sehari-hari”, terang Junaedi Ibnu Jarta, Pimpinan DPRD Lebak dan Ketua DPD HA IPB Banten.

Tambah Junaedi Ibnu Jarta, “Gotong royong jangan di maknai sebagai retorika semata, melainkan implementasi kita dalam berbuat nyata untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat”, tambahnya. (MIR)