Warga Keberatan Dengan Rencana Akan Dibangunnya Kandang Ayam ‘close house’

LEBAK, beritajuang.com – Warga Kampung Pasir Waru, Desa Parungsari, Kecamatan Sajira, Kabupaten Lebak, menyatakan keberatan atas adanya rencana akan dibangunnya kandang ayam ‘close house’ yang tak jauh dari sarana pendidikan yakni berjarak sekitar 500 M dan dianggap menganggu kesehatan warga.

Dalam surat pernyataan keberatan itu, warga meminta agar pemerintah meninjau ulang perijinan lingkungan rencana pembangunan kandang ayam tersebut.

Menanggapi hal itu, H. Moch. Arief, Anggota DPRD Lebak, Fraksi Nasdem, angkat bicara.

Baca Juga : Belum Turun SK BPSK : Daddy Hartadi, S.H. Menegaskan Bakal Menimbulkan Persoalan Hukum Tata Usaha Negara

Menurutnya, Pemkab Lebak harus segera merespon aspirasi warganya sendiri, “Jangan terlalu memaksakan investasi tapi mengabaikan hak- hak warga,” tegasnya, Minggu (18/04/2021).

Terkait keberadaan sarana pendidikan di area tersebut, lanjut Moch. Arief, ini tentunya yang harus menjadi skala prioritas dalam memberikan keamanan dan kenyamanan peserta didik dalam proses kegiatan belajar mengajar di sekolah.

Baca Juga:  Check Point PPKM Polsek Parungpanjang

“Jangan justru diganggu dengan adanya ternak tersebut, ini jelas telah menghambat para siswa dalam belajar di sekolah tersebut. Selain itu pula, tentunya akan berdampak pula terhadap kesehatan lingkungan sekitar termasuk yang ada di lingkungan sekolah, baik siswa, pendidik dan tenaga kependidikan,” jelasnya.

Baca Juga : APH Didesak YNHB Turun Tangan Periksa PDAM Tirta Multatuli

Jadi, terkait rencana ternak di area tersebut sebaiknya dibatalkan dan Pemkab Lebak harus mengkaji ulang.

“Kalau dihitung nilai investasi berapa jumlah rupiah nya masuk PAD dibandingkan dengan dampaknya, kadang suka heran apakah ijin tidak melalui survey sehingga jarak dengan sekolah diabaikan,” terangnya. (PRI)