Kondisi rumah yang terbakar di Desa Hariang.
Kondisi rumah yang terbakar di Desa Hariang.

LEBAK, beritajuang.com– Peristiwa kebakaran hebat terjadi di Kampung Babakan Mandala, RT/ RW 005/001, Desa Hariang, Kecamatan Sobang, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten sekitar pukul 00.30 WIB, pada Rabu (18/03/2020) malam.

Rape’i (49 thn) selaku saksi mengatakan bahwa kebakaran menghanguskan rumah milik ibu Hj Tarsih (40 thn) yang merupakan ibu berstatus janda dan tinggal seorang diri di rumah berukuran 7×11 meter. “Kejadian sekitar pukul 00.30 WIB dan api padam pukul 02.30 WIB”, ungkap Rape’I selaku saksi mata kejadian kebakaran.

Rape’i menambahkan, “awal mulanya mati lampu sekitar Pukul 23.30 wib, ibu Hj. Tarsih menyalakan lilin di simpan di atas lemari di dapur untuk penerangan. Setelah beberapa saat, Ibu Hj. Tarsih menyalakan lilin lagi untuk menggantikan lilin tersebut yang diperkirakan sudah mau habis, tetapi belum sempat diganti api didapur terlihat sudah membesar dan akhirnya panik kemudian meminta pertolongan warga sekitar untuk berusaha memadamkan api tersebut”, tambah Rape’i.

kebakaran menghanguskan rumah milik ibu Hj Tarsih (40 thn) pada Rabu, (18/03/2020).
kebakaran menghanguskan rumah milik ibu Hj Tarsih (40 thn) pada Rabu, (18/03/2020).

Nani Ristiani, Kepala Desa Hariang menjelaskan bahwa api bisa di padamkan dengan alat selakadarnya.

“Masyarakat ikut membantu dalam memadamkan Api. Khawatir api menjalar ke rumah warga, dan api bisa dipadamkan oleh warga selama kurang lebih dua jam. Tidak ada korban jiwa, namun pakaian, alat rumah tangga , dokumen lainnya ikut hangus terbakar dan tidak ada satupun yang bisa diselamatkan”, terang Kepala Desa Hariang, Nani Ristiani.
Tambah, Nani Ristiani, “Kerugian diperkirakan sekitar Rp 187.000.000”, tambahnya.

Dihubungi awak media beritajuang.com, AKP Saepul Bahri selaku Kapolsek Sobang membenarkan kejadian kebakaran tersebut.

“Iya benar, anggota kami sudah konfirmasi bahwa terjadi kebakaran. Informasi selanjutnya, nanti kami sampaikan”, jelas AKP Saepul Bahri, Kapolsek Sobang. (AP)

SMSI