Sosialisasi pencegahan virus corona.
Sosialisasi pencegahan virus corona.

LEBAK, beritajuang.com– Virus Corona Covid19 sangat meresahkan masyarakat Banten. Informasi yang diperoleh melalui web resmi Pemerintah Provinsi Banten bahwa sampai saat ini pasien yang masih di pantau berjumlah total 200 orang se Provinsi Banten. Dinyatakan sembuh sebanyak 75 orang se Provinsi Banten. Pada Jum’at, (20/03/2020).

Kabupaten Lebak orang yang sembuh dari Covid19 yaitu sebanyak 8 orang. Sebanyak 10 orang masih di pantau.

Adanya informasi ini sangat meresahkan masyarakat di pedesaan. Dalam kesempatan Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2) di Desa Citorek Timur. Pihak pemerintah bersama pendamping PKH ikut mensosialisasikan pencegahan virus corona yang berlokasi di Kampung Guradog Timur, Desa Citorek Timur, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Lebak.

Jaro Jajang Kurniawan (Tengah) selaku Kepala Desa Citorek Timur saat memberikan semangat kepada keluarga penerima manfaat untuk mencegah virus corona, pada Jum'at (20/03/2020)
Jaro Jajang Kurniawan (Tengah) selaku Kepala Desa Citorek Timur saat memberikan semangat kepada keluarga penerima manfaat untuk mencegah virus corona, pada Jum’at (20/03/2020)

Jajang Kurniawan selaku Kepala Desa Citorek Timur mengatakan masyarakat untuk berperilaku hidup bersih dan sehat.

“Atas nama Pemerintah Desa Citorek Timur menghimbau masyarakat untuk berperilaku sehat. Jangan berpergian keluar bagi yang tidak berkepentingan karena saat ini sangat rentan terhadap virus corona”, terang Jajang Kurniawan, Kepala Desa Citorek Timur.

Jajang Kurniawan juga menambahkan, Jaga jarak sosial setidaknya 1 meter dengan orang lain, terutama dengan mereka yang batuk, bersin, dan deman. Menghindari menyentuh mata, hidung, dan mulut sebelum cuci tangan.

“Perbanyak juga olahraga untuk kita semua. Jika mengalami batuk dan deman atau sulit bernafas segera periksa diri ke fasilitas kesehatan terdekat untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganan medis. Senantiasa berdo’a dan mendekatkan diri kepada Allah SWT agar senantiasa mendapatkan perlindungan dan keselamatan untuk kita dan negara Indonesia tercinta”, Kata Jajang Kurniawan saat menyampaikan sosialisasi pencegahan Corona dalam pertemuan P2K2.

Mohamad Iyos Rosyid dalam paparannya di modul Kesehatan P2K2 menerangkan agar kita berantisipasi dalam melakukan pencegahan terhadap virus corona.

“Mencegah lebih baik agar masyarakat terhindar dari virus corona. Kita setelah beraktivitas sebaiknya cuci tangan pakai sabun dan air mengalir/ gunakan hand sanitizer. Tutup mulut dan hidung saat batuk dan bersin atau gunakan masker pelindung. Hal ini terbukti efektif mengurangi resiko penyebaran virus”, jelas Pendamping PKH, Mohamad Iyos Rosyid.

Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH saat memperhatikan penjelasan sosialisasi pencegahan virus corona di Desa Citorek Timur.
Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH saat memperhatikan penjelasan sosialisasi pencegahan virus corona di Desa Citorek Timur.

Ratnasih selaku Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH sangat berterima kasih atas penjelasan yang telah dipaparkan dalam sosialisasi pencegahan virus corona dalam pertemuan P2K2 ini.

“Kami selaku masyarakat pedesaan menjadi lebih tahu dan jelas penjelasan yang diberikan oleh Kepala Desa Citorek Timur dan Pendamping PKH. Sehingga kami bisa mengantisipasi dan mencegahnya. Kami juga akan melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat”, kata Ratnasih, KPM PKH. (RUS/KODIR)

SMSI