Pelayanan Online Disdukcapil Lebak
Pelayanan Online Disdukcapil Lebak

LEBAK, beritajuang.com- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lebak mengambil langkah kebijakan strategis untuk mencegah penyebaran Covid-19 dengan membuka layanan online. Layanan Online, pada Jum’at (27/03/2020).

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lebak Drs H. Ujang Bahrudin, MM mengambil langkah kebijakan memutus serta menghentikan layanan tatap muka di kantor Disdukcapil Lebak Banten.

“Kebijakan ini diambil guna meminimalkan interaksi dengan warga sebagai langkah memutus potensi penyebaran Covid 19 di Kabupaten Lebak. Sejak Kemarin Kamis (26/03) hingga saat ini kami mengambil kebijakan untuk tidak melakukan pelayanan tatap muka, sebagai ganti nya kami membuka layanan via online”, kata H. Ujang Bahrudin, Kepala Dinas Dukcapil Lebak.

Masyarakat yang sudah melakukan pelayanan online, bisa mengambil berkasnya berupa (KTP, Akte Kelahiran, dll).
Masyarakat yang sudah melakukan pelayanan online, bisa mengambil berkasnya berupa (KTP, Akte Kelahiran, dll).

Tambahnya, Ada no Wa yang bisa dihubungi terkait pelayanan via online yakni 1. 087773855625 (penerbitan KK, KIA, Surat Pindah, Biodata Penduduk), 2. 085287560050 (Pelayanan pencatatan sipil seperti akte kelahiran, akte perkawinan dll), 3. 08111200078 (Pelayanan KTP -el, update data dan cek data kependudukan).

“Masyarakat Kabupaten Lebak yang ingin membuat dokumen kependudukan bisa menghubungi Disdukcapil melalui layanan online via wa tersebut. Warga bisa melampirkan permohonan penerbitan dokumen yang akan di mohonkan melalui no WA itu. setelah melalui proses verifikasi data baru di terbitkan dokumennya”, tutup H. Ujang Bahrudin, Kepala Dinas Dukcapil Lebak, Banten.

Irawati, S.E., Kabid Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Lebak, Banten.
Irawati, S.E., Kabid Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Lebak, Banten.

Senada dengan pernyataan Kepala Dinas, Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk Irawati, SE mengatakan bahwa khusus bagi layanan penerbitan Kartu keluarga wajib memberikan alamat email dan no telepon, karna setelah mendaftarkan dan melengkapi persyaratan yang dibutuhkan.

“Warga bisa duduk manis di rumah sambil menunggu notifikasi penerbitan KK (Kartu Keluarga) nya yang nanti akan di kirim ke email  warga. Jadi warga bisa mencetak sendiri dokumen kependudukannya dengan kertas HVS 80 gr”, ungkap Irawati Kabid Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Lebak, Banten. (RUS)

SMSI