Pelayanan Disdukcapil lakukan kebijakan online untuk meminimalisir penyebaran Covid-19, pada Jum'at (27/03/2020).
Pelayanan Disdukcapil lakukan kebijakan online untuk meminimalisir penyebaran Covid-19, pada Jum'at (27/03/2020).

LEBAK, beritajuang.com– Penyebaran virus Covid-19 di Indonesia yang saat ini terjadi sangatlah membuat panik semua warga khususnya di Kabupaten Lebak. Sehingga banyak pelayanan yang mesti dilakukan agar meminimalisir tatap muka. Salah satu layanan online sebagai kebijakan strategis yang diterapkan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lebak.

Disdukcapil Lebak dalam rangka pencegahan penyebaran virus corona di Kabupaten Lebak terkait penerbitan KTP -el yaitu dengan mengakses http://disdukcapil.lebakkab.go.id/index.php/formulir-daftra/

Ruangan publik Disdukcapil lakukan penyemprotan Disinfektan, pada Jum'at (27/03/2020).
Ruangan publik Disdukcapil lakukan penyemprotan Disinfektan, pada Jum’at (27/03/2020).

Drs. H. Ujang Bahrudin, MM., selaku Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil mengatakan bahwa warga bisa melakukan pendaftaran online untuk penerbitan KTP-elnya, pada media online beritajuang.com Jum’at (27/03/2020).

“Layanan online sudah kita terapkan sejak kemarin, informasinya pun sudah kita sebar di instagram resmi Disdukcapil Lebak. Layanan onlinenya meliputi Layanan Penerbitan Kartu Keluarga, KTP-el, kartu Identitas Anak (KIA), pindah datang penduduk, akte kelahiran, akte kematian, akte perkawinan, akte perceraian, update data, online data dan cek data. Ada no kontak yang bisa di hubungi. kami pun sudah melakukan sosialisasi melalui multatuli FM terkait layanan online ini”, tutup H. Ujang Bahrudin, Kadis Dukcapil Lebak.

Baca Juga: Cegah Covid-19 Disdukcapil Lebak Buka Layanan Online

Irawati, S.E., Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Lebak menambahkan bahwa pelayanan dialihkan melalui online, masyarakat yang ingin mengurus dokumen kependudukan agar memanfaatkan layanan online tersebut.

“Jadi masyarakat sementara waktu tidak datang ke kantor Disdukcapil Lebak, itu pun sesuai himbauan dari pemerintah. Warga agar tetap berdiam diri di rumah dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19 dan tidak berkerumun dan melakukan social distancing. Jika memang terpaksa keluar rumah. Kita, Disdukcapil Lebak tetap memprioritaskan penerbitan dokumen Kependudukan yang urgent, seperti dokumen kependudukan untuk warga yg sedang di RS, untuk BPJS dll”, terang Irawati Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Lebak.

Ruangan publik Disdukcapil lakukan penyemprotan Disinfektan, pada Jum'at (27/03/2020).
Ruangan publik Disdukcapil lakukan penyemprotan Disinfektan, pada Jum’at (27/03/2020).

Uwes salah satu warga Kp Jeruk, Rt 001 RW 010, Kelurahan Muara Ciujung Barat, berterimakasih banyak atas layanan online yang diberikan oleh Disdukcapil Lebak, Pelayanan KK dan penerbitan KTP online mudah sekali.

“Masyarakat tinggal mengikuti instruksi dari kontak person WA dan melengkapi persyaratan yg diminta, alhamdulillah Kartu Keluarga (KK) dan KTP nya jadi. saya mengucapkan terimakasih banyak kepada Dinas kependudukan dan Pencatatan Sipil Lebak yang telah memudahkan penerbitan dokumen kependudukan ditengah mewabahnya virus corona/ covid 19 ini. saya tidak perlu lama-lama di luar rumah untuk mengurus dokumen kependudukan. cukup lewat smart phone dokumen kependudukan selesai”, imbuh Uwes. (RUS)

SMSI