Bidang Pemberdayaan Perempuan Pandeglang Gelar Roadshow

PANDEGLANG, beritajuang.com – Dalam rangka menyambut Hari KARTINI untuk meningkatkan peran Perempuan dalam Pembangunan Gender di Kabupaten Pandeglang. Bidang Pemberdayaan Perempuan pada Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten Pandeglang-Banten melakukan roadshow kunjungan pembinaan Organisasi Perempuan di Kabupaten Pandeglang yang tergabung dalam GOW dan Koordinasi dengan STIA Banten untuk pembentukan PSW.

Dari sekian Organisasi Perempuan ini dilaksanakan ke 3 Organisasi Perempuan yang ada di Kabupaten Pandeglang rekomendasi Ketua Gabungan Organisasi Wanita adalah DPC HARPI MELATI, PD SALIMAH dan PD AISYIYAH.

Kunjungan dilakukan selama 3 pekan, pekan Pertama hari Selasa (20 April 2021) dilakukan kunjungan ke Sekretariat DPC HARPI MELATI yang diketuai oleh Enoka Zaitun.

Bidang Pemberdayaan Perempuan Pandeglang Gelar Roadshow
Bidang Pemberdayaan Perempuan Pandeglang Gelar Roadshow

DPC HARPI MELATI merupakan Organisasi Perempuan yang anggotanya terdiri dari Perias Pengantin se- Kabupaten Pandeglang.

Hadir pula Pembina DPC HARPI MELATI Siti Haeriah seorang Perempuan yang sudah lama berkiprah dalam Pemberdayaan Perempuan.

Baca Juga:  Lagi Lagi, Kebakaran di Kapunduhan Cijaku

Pekan ke-dua tanggal 27 April 2021 dilakukan kunjungan ke Sekretariat PD SALIMAH yang di nahkodai oleh Nasriah. PD SALIMAH merupakan Organisasi Perempuan Persaudaraan Muslimah,

Pekan ke-tiga hari selasa (4 Mei 2021) dilakukan kunjungan ke Sekretariat PD AISYIYAH yang di Ketuai oleh Rodiah. PD AISYIYAH merupakan Organisasi Perempuan Persyarikatan dari Muhammadiyah salah satu organisasi Ortonom.

Pengurus dan anggota yang dikunjungi begitu antusias menyimak pemaparan oleh Kabid Pemberdayaan Perempuan Enong Iroh Rohayah mengenai peran perempuan yang tetap terus bisa berkiprah dalam organisasi tanpa melupakan perannya sebagai perempuan dalam keluarga.

Kabid Pemberdayaan Perempuan Enong Iroh Rohayah menjelaskan bahwa peranan Perempuan dalam Pembangunan dan posisi Perempuan adalah Mitra yang sejajar dengan kaum Pria.

“Ya Perempuan memiliki kesempatan dan mempunyai tanggung jawab yang sama terhadap kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara demi majunya pembangunan. Islam di dalam Al Qur’an perempuan merupakan sebuah wujud Kesetaraan,” ungkapnya.

Baca Juga:  Terapkas Prokes, Cafe D'VARA Batasi Pengunjung Sebanyak 50 Persen

Hal ini bisa dilihat dari catatan sejarah di zaman Rasulullah SAW. Perempuan digambarkan sebagai perempuan yang aktif, sopan, namun tetap terpelihara akhlaknya.

Adapun kasi Perlindungan Hak Perempuan Fatmawati memaparkan secara tekhnis mengenai kelengkapan administrasi dalam berorganisasi. Perlunya Kelengkapan admnistrasi dalam berorganisasi untuk meningkatkan kualitas dari organisasi perempuan yang ada di Kabupaten Pandeglang.

Fatmawati menyampaikan bahwa PSW belum ada tapi kegiatan sudah mengarah karena sudah ada penelitian-penelitian dan buku – buku yang dipublikasikan kaitan dengan kesetaraan gender. Kedepannya pengabdian masyarakat akan dilakukan sinergi pihak kampus dengan DP2KBP3A di Lokasi P2WKSS. (Dj/Red)