Presedium KAHMI Banten H. Udin Saparudin ikut menyolatkan Almarhum Tb. A. Abas Wasee .
Presedium KAHMI Banten H. Udin Saparudin ikut menyolatkan Almarhum Tb. A. Abas Wasee .

SERANG, beritajuang.com– Sejumlah tokoh di Provinsi Banten menyampaikan duka cita atas meninggalnya Ketua Umum Lembaga Pemangku Adat Kesultanan Banten H. Tb A. Abbas Wasee.

Ucapan bela sungkawa itu kali ini datang dari Koordinator Presedium KAHMI Banten Udin Saparudin melalui keterangan tertulisnya.

“Sebagai sahabat dekat sekaligus teman curhat mengenai ide dan gagasan untuk kemajuan Banten memandang bahwa almarhum sebagai sosok pemimpin pemberani, bertanggungjawab dan tangguh di keluarga besar Kesultanan Banten”, kata Udin.

Semasa hidupnya, diceritakan Udin, almarhum telah menorehkan sejarah perjuangan Banten bersama tokoh lainnya dalam proses pembentukan Provinsi Banten dan Kota Serang.

Dikala Banten sudah terpisah dari Jawa Barat, lanjut Udin, almarhum tetap menorehkan ide dan gagasannya dalam menjaga kelestarian kawasan Banten Lama. Hingga ide dan gagasan itu direfleksikan oleh Gubernur Banten Wahidin Halim.

Almarhum Tb. A. Abas Wasee saat dishalatkan.
Almarhum Tb. A. Abas Wasee saat di shalatkan.

“Beliau (almarhum) memprakarsai revitalisasi pembangunan kawasan kesultanan Banten bersama Gubernur Banten Wahidin Halim, Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy, Pimpinan DPRD Banten dan tokoh lainnya”, lanjutnya.

Selain itu, kata dia, almarhum pun telah menginisiasi dan mengadakan festival Kraton Surosoan Kesultanan Banten untuk mengenalkan sejarah dan kebudayaan Banten ke khalayak umum. “Beliau betul-betul inisiator pejuang terdepan dan tangguh yang tidak pernah kenal lelah untuk kemaslahatan umat”, ujarnya.

Atas tutup usianya almarhum, dirinya merasa kehilangan sosok panutan hidup yang sudah dianggap sebagai senior bahkan kaka sendiri. “Semoga almarhum diampuni segala khilaf dan chusnul khotimah serta mendapatkan tempat tempat dimulai disisi Allah SWT. Tak lupa kepada keluarga yang ditinggalkan semoga diberi kesabaran dan keikhlasan”, ucapnya. (SS)

SMSI