Aksi Relawan Mandiri Himpunan Alumni IPB (ARM HA-IPB) bersama DPP Himpunan Alumni IPB menyerahkan bantuan tahap kedua kepada warga dan mahasiswa di wilayah Kampus IPB Darmaga, Bogor.
Aksi Relawan Mandiri Himpunan Alumni IPB (ARM HA-IPB) bersama DPP Himpunan Alumni IPB menyerahkan bantuan tahap kedua kepada warga dan mahasiswa di wilayah Kampus IPB Darmaga, Bogor.

BOGOR, beritajuang.com– Aksi Relawan Mandiri Himpunan Alumni IPB (ARM HA-IPB) bersama DPP Himpunan Alumni IPB menyerahkan bantuan tahap kedua kepada warga dan mahasiswa di wilayah Kampus IPB Darmaga, Bogor, yang mengalami dampak ekonomi akibat wabah Covid-19. Bantuan tersebut berupa 1,5 ton beras kepada 150 pedagang kecil, pengemudi ojek (baik daring maupun pangkalan), dan para pegawai harian lepas (PLH) di lingkungan IPB. ARM juga memberikan bantuan langsung tunai (BLT) masing-masing Rp250.000 untuk 150 mahasiswa yang masih bertahan tinggal di Bogor.

Bantuan tahap kedua tersebut diserahkan secara resmi kepada wakil masyarakat dan mahasiswa langsung oleh Rektor IPB University, Prof. Dr. Arief Satria, SP., M.Si., didampingi Ketua Umum HA, IPB, Ir. Fathan Kamil, di halaman Gedung Rektorat kampus IPB Dramaga, Jumat (10/4).

Penyerahan ini menjadikan bantuan beras yang telah ARM salurkan hingga kini berjumlah 2,5 ton, sedangkan BLT yang telah dan akan disalurkan kepada mahasiwa bernilai total Rp62,5 juta, dengan jumlah penerima manfaat mencapai 500 orang.

Rektor IPB amat mengapresiasi aksi kepedulian HA-IPB dan ARM terhadap almamater dan masyarakat di sekitar kampus.

“Apa yang HA-IPB dan ARM lakukan merupakan aksi konkret dalam situasi dan kondisi darurat seperti saat ini (wabah virus Corona). Masyarakat membutuhkan aksi nyata, yakni berbuat sesuatu yang bermanfaat untuk orang lain. “Kita hidup, hakikatnya harus bermanfaat untuk orang lain”, lanjut Rektor IPB.

Wabah virus corona (Covid-19) telah berimbas cukup besar dalam kehidupan masyarakat, bukan hanya dari sisi kesehatan melainkan sisi ekonomi. Karena itu Arif Satria kembali mengapresiasi ARM sebagai badan otonom HA-IPB yang selalu peduli kepada masyarakat. Penghargaan juga ia sampaikan kepada para pimpinan IPB yang memfasilitasi kegiatan ini, termasuk seluruh donatur dan masyarakat penerima.

“Saya harapkan ini bukan yang kedua dan yang terakhir, akan ada gelombang lainnya”, harap Arif Satria, Rektor IPB.

Sementara itu, Ketua HA-IPB, Fathan Kamil, menghimbau kepada segenap alumni, mahasiwa, dan komponen IPB lainnya untuk menjaga diri, keluarga, dan lingkungan agar ketahanan dalam bidang kesehatan dan ekonomi terus terpelihara.

“HA-IPB, ARM, dan segenap alumni berkepentingan menjaga kesinambungan kehidupan almamater kampus dan lingkungannya melalui kontribusi aktif membantu mahasiswa dan masyarakat sekitarnya. Apalagi kampus merupakan tempat lahirnya para pemimpin masa depan”, tegas Fathan.

Dalam penyalurannya, ARM memastikan protokol keamanan dan keselamatan warga tetap terjaga dengan menghindari kerumunan dan pengumpulan massa. Bantuan tunai kepada mahasiswa disalurkan melalui rekening masing-masing setelah datanya dicek-silang dengan Crisis Center. Demikian pula penyaluran beras akan diatur sedemikian rupa, sehingga warga yang terdata dapat mengambilnya dengan leluasa tanpa melalui antrean. (ALH)

SMSI