Perkumpulan Debus Banten Indonesia Konsolidasi Kepengurusan Menuju Deklarasi

LEBAK, beritajuang.com – Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Perkumpulan Debus Banten Indonesia (PDBI) mengelar rapat konsolidasi stuktur kepengurusan. Hal tersebut dibenarkan oleh Ketua PDBI, Ratu Harum Sari di kediamanya, Jalan Raya Rangkas Pandeglang, Rumbut, Cibadak.

“Kegiatan silaturahmi ini sekaligus rapat konsolidasi, tujuanya untuk merampungkan kepengurusan dari DPP, DPW dan DPD. Sehingga program dan agenda yang direncanakan bisa segera direalisasikan.”ucap Ketua PDBI, Ratu Harum Sari yang kerap dipanggil sebutan Buda.

Bunda menyebut, yang melatar belakangi terbentuknya PDBI ialah, bentuk kecintaan teman teman pencinta seni budaya yang memang ingin melestarikan warisan dari nenek moyang. Menurut Bunda, Seni Debus asli dari Banten (Indonesia-red) yang memang harus dirawat dan dilestarikan.

Perkumpulan Debus Banten Indonesia Konsolidasi Kepengurusan Menuju Deklarasi
Perkumpulan Debus Banten Indonesia Konsolidasi Kepengurusan Menuju Deklarasi

“Saya mempunyai tanggung jawab yang besar untuk melestarikan budaya debus ini, makanya perlu dibentuk wadahnya.” tutur Ratu Harum Sari.

Harum Sari menceritakan, dalam waktu dekat pihaknya juga akan di undang oleh UNESCO yang dihadiri oleh berbagai negara untuk menampilkan pertunjukan debus Menurut Ratu, dengan diundangnya Banten atau Indonesia oleh negara-negara luar, tentu ini menjadi kebanggan bagi Indonesia dan negara harus hadir dengan megakui Debus sebagai budaya warisan Indonesia.

Baca Juga:  Milad ke 7, Ormas Jarum Cikulur Sumbangkan Al-Quran dan Pavling Blok ke Majelis Taklim

“Negara harus hadir mengakui keberadaan debus Indonesia, makanya kita bentuk PDBI sebagai wadah untuk mempersatukan pelaku-pelaku seni debus yang tersebar di Indonesia.” jelas Harum. (Red)