Surat Pengaduan Dugaan Pelanggaran Kode Etik.
Surat Pengaduan Dugaan Pelanggaran Kode Etik.

JAKARTA, beritajuang.com– Dinilai melanggar Maklumat Kapolri Nomor Mak/2/III/2020 Himpunan Mahasiswa Banten (HMB) Jakarta laporkan Wakil Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia, Komisaris Jendral Polisi Gatot Eddy Pramono ke Divisi Profesi dan Pengamanan (Div Propam) Kepolisian Negara Republik Indonesia. Senin, 13 April 2020.

Hal tersebut menindaklanjuti perihal kehadiran Komjen Pol Gatot Eddy Pramono dalam resepsi pernikahan mantan Kapolsek Kembangan Kompol Fachru Sudiana. Sabtu, 21 Maret 2020.

Menurut Rizki Irwansyah, Ketua Umum HMB Jakarta, bahwa Komjen Pol Gatot Eddy Pramono dinilai telah melanggar Maklumat Kapolri tentang kepatuhan terhadap kebijakan Pemerintah dalam penanganan penyebaran Virus Corona Disease 2019 (COVID-19) dan Undang Undang Nomor 2 Tahun 2002 Tentang Kepolisian Republik Indonesia serta Peraturan Pemerintah Nomor 2 Tahun 2003 Tentang Peraturan Disiplin Anggota Kepolisian Republik Indonesia.

“Berdasarkan hasil kajian Himpunan Mahasiswa Banten Jakarta, kita melihat bukan hanya Maklumat Kapolri yang dilanggar, Wakapolri juga melewati Undang Undang Nomor 2 Tahun 2002 dan Peraturan Pemerintah Nomor 2 Tahun 2003”, kata Rizki.

“Seperti dalam UU No 2 Tahun 2002 Tentang Kepolisian Republik Indonesia, semua anggota Polri maupun Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono telah melanggar aturan, seperti yang diatur dalam Pasal (1) poin (5), Pasal (2). Tidak hanya itu, semua anggota Polri termasuk Wakapolri juga telah melanggar tugas dan wewenang Polri sepetri diatur dalam UU Kepolisian, diantaranya adalah Pasal (13) poin (b) dan Pasal (14) poin (e) dan (i) serta Pasal (34) poin (1) (2) dan (3) tentang sikap dan perilaku Kepolisian, lebih tepatnya tentang kode etik profesi”, jelasnya.

Tambah Rizki, “selain itu, anggota Polri serta Wakapolri yang hadir dalam acara pesta pernikahan Kapolsek Kembangan ditengah wabah Covid-19, juga telah melanggar aturan seperti tertera dalam Peraturan Pemerintah No 2 Tahun 2003 Tentang Peraturan Disiplin Anggota Kepolisian, seperti yang telah diatur dalam Pasal (1) ayat (2) (3) dan (4)”, jelasnya.

Diketahui surat pengaduan dengan Nomor SPSP2/971/IV/2020/BAGYANDUAN perihal pengaduan atas dugaan pelanggaran kode etik yang dilakukan oleh Komjen Pol Gatot Eddy Pramono selaku Wakapolri terkait tidak mengindahkan maklumat Kapolri perihal penangan Covid-19. (BW)

SMSI