Wujudkan Zona Integritas Lapas Rangkasbitung Kembali Laksanakan Layanan Prokesling

LEBAK, beritajuang.com – Lapas Kelas III Rangkasbitung kembali laksanakan Layanan program Kesehatan Keliling (Prokesling) yang merupakan salah satu inovasi unggulan dalam mewujudkan Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM), Kamis (17/06/2021).

Layanan Prokesling ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan terutama yang berhubungan dengan promotif dan preventif, Pengecekan dan penggerakan kebersihan kamar/blok hunian yang sehat dengan menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, Kegiatan ini juga diharapkan untuk bisa menjangkau dan menemukan WBP yang tidak mau berobat ke Klinik Lapas Rangkasbitung serta memudahkan monitoring evaluasi pasien penyakit menular (TB-HIV)

Kalapas Rangkasbitung, Budi Ruswanto mengatakan Diharapkan dengan kegiatan Prokesling ini para WBP selalu dalam keadaan sehat dan jika ada penyakit yang serius bisa dideteksi lebih awal agar tidak berakibat fatal.

Wujudkan Zona Integritas Lapas Rangkasbitung Kembali Laksanakan Layanan Prokesling
Wujudkan Zona Integritas Lapas Rangkasbitung Kembali Laksanakan Layanan Prokesling

“Kesehatan menjadi faktor penting bagi para WBP di dalam Lapas Rangkasbitung, apalagi di tengah pandemi seperti ini, kesehatan merupakan faktor penting agar imun tubuh bisa terjaga. Kegiatan ini tentu dengan menerapkan protokol kesehatan. Yaitu dengan memakai masker, handsanitizer dan mengecek suhu tubuh sebelum melakukan konsultasi kesehatan,” tutup Budi Ruswanto.

Baca Juga:  Pemkab Pandeglang Santuni 80 Orang yang Meninggal Dunia Melalui Program BPJS Ketenagakerjaan

Kasubsi Pembinaan, Eka Yogaswara menambahkan Dengan diadakan prokeskling ini para WBP bisa konsultasi kesehatan kepada dokter dan tenaga kesehatan Lapas Rangkasbitung tentang permasalahan kesehatan yang mereka alami. Para WBP juga diberikan obat sesuai dengan keluhan yang dialami. Program ini dilaksanakan sepekan sekali, jika biasanya WBP mendatangi klinik kesehatan, sekarang berbeda, tenaga kesehatan yang mendatangi para WBP untuk memberikan pelayanan kesehatan.