LEBAK, BERITA JUANG.COM – Pasca banjir bandang di Lebak Gedong pada tanggal 1 Januari 2020 yang menghanyutkan jembatan dan merusak akses jalan Provinsi Banten menjadi imbas turunnya pengunjung wisata. Hal itu terlihat wisata baru negeri diatas awan yang terletak di Wewengkon Kasepuhan Adat Citorek yakni Gunung Kendeng dan Gunung Luhur yang biasanya setiap weekend ramai pengunjung dari berbagai daerah kini pengunjung mengalami penurunan, (19/01/2020).

Mengingat bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten Lebak, dengan visinya menjadikan daerah tersebut destinasi wisata unggulan nasional berbasis potensi lokal terus mengeksplorasi potensi-potensi alam, sosial dan budaya yang dapat dikembangkan menjadi destinasi wisata. Dengan terputusnya akses jembatan di Muara Lebak Gedong berimbas pada pengunjung wisata.

Imanudin selaku warga Citorek mengatakan putusnya jembatan Provinsi Banten berimbas kepada pegunjung wisata negeri diatas awan. Biasanya setiap hari minggu ramai pengunjung, kini pengunjung terlihat sedikit dari biasanya.

“Kebanyakan setelah akses jembatan Muara terputus banyak pengunjung daerah luar tidak tahu jalan alternatif menuju wisata negeri diatas awan. Sehingga ini menjadi penyebab terjadinya penurunan pengunjung wisata. Dampak dari sepinya pengunjung, yang biasanya kami berjualan kopi setiap minggu selalu memperoleh omset 500 ribu, kini dengan sepinya pengunjung pendapatan kami pun menurun”, imbuhnya dengan rintihan hati yang sedih.

Kodir Bayu Erlangga yang merupakan Mahasiswa Administrasi Negara yang asli putra Citorek menjelaskan bahwa akses jalan atau infrastruktur menjadi alat yang penting untuk menunjang kemajuan wisata di Kabupaten Lebak. Pemerintah harus segera cepat untuk membangun akses jalan yang sempat rusak oleh banjir bandang sehingga Lebak bisa mengimplementasikan visinya sebagai destinasi wisata unggulan nasional berbasis potensi lokal.

“Banyak pengunjung yang ingin ke negeri di atas awan tidak bisa tercapai keinginannya karena mereka tidak tahu alternatif jalan yang harus di lalui. Jika ingin kesana Rute dari arah Utara yang diambil yaitu Dari Serang-Rangkasbitung-Gajrug Cipanas-Muncang-Hariang Sobang-Cikuning Desa Sukamaju, Kec Sobang-Wewengkon Citorek-Negeri diatas awan’, Jelasnya.

Kodir Bayu Erlangga juga menambahkan jika ingin ke wisata negeri diatas awan bisa alternatif jalur Selatan yakni Jalan Cimangpang Panggarangan-Cisero-Cirotan-Gunung Luhur-Negeri diatas awan- Gunung Kendeng-Negeri diatas awan. Atau bisa juga melalui jalur Warung Banten Cibeber-Cirotan-Citorek Kidul-Gunung Luhur-Citorek Timur-Gunung Kendeng.

Berbeda halnya dengan Ruswana salah satu aktivis Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) menyatakan bahwa Pemerintah harus lebih cepat untuk memulihkan pasca musibah banjir bandang yang menimpa wilayah Muara sehingga akses jembatan provinsi terputus.

“Kami berharap Pak Gubernur segera membangun akses jembatan Muara sehingga perekonomian segera tumbuh kembali, akses menuju destinasi wisata unggulan nasional berbasis potensi lokal negeri di atas awan bisa dinikmati dan dikunjungi oleh para pengunjung di luar daerah seperti Bogor, Jakarta, dan Serang”, harapannya. (MIR)

SMSI