Pemerintah Kota Serang ajak SDM PKH Kemensos RI untuk tangani Covid-19.
Pemerintah Kota Serang ajak SDM PKH Kemensos RI untuk tangani Covid-19.

SERANG, beritajuang.com– Pemkot Serang melibatkan Sumber Daya Manusia Program Keluarga Harapan Kementrian Sosial Republik Indonesia (SDM PKH Kemensos RI) menjadi garda terdepan dalam penyaluran bantuan Jaring Pengaman Sosial (JPS) kepada masyarakat terdampak Covid-19, pada Sabtu (02/05/2020).

Syafrudin, Wali Kota Serang memberikan informasi di kantor Kecamatan Walantaka bahwa saat ini terdapat 299 Orang Dalam Pantauan (ODP), 14 orang Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dengan keterangan 10 orang sembuh dan 4 orang positif Covid-19: (yang dinyatakan 1 orang meninggal, 2 orang sembuh dan 1 orang masih dirawat).

Ia juga menjelaskan bahwa Pemkot Serang saat ini tidak henti-hentinya terus berupaya menangani pandemi ini dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat.

Pemkot Serang gulirkan 50.000 paket bantuan JPS untuk warganya yang terdampak Covid-19 yang terbagi menjadi 6 kecamatan yang akan diberikan selama 5-6 bulan kedepan sampai dengan pandemi ini berakhir.

Selain itu, di acara ceremonial penyerahan bantuan JPS juga disampaikan tentang pentingnya untuk selalu memperhatikan standar protokol kesehatan yg harus terus disosialisasikan kepada masyarakat sebagai upaya dalam menekan angka korban Covid-19 di Kota Serang.

“Sosialisasi tentang penanganan Covid-19 harus terus dilakukan kepada masyarakat, karena memang upaya masyarakat dalam menghadapi pamdemi ini juga sangat berpengaruh terhadap penurunan kasus yang terjadi seperti halnya social distancing, physical distancing dan sebagainya”, ujaranya.

Poppy Nopriadi, Kepala Dinas Sosial Kota Serang turut menjelaskan bahwa penyaluran bantuan JPS kepada seluruh masyarakat Kota Serang yang terdampak Covid-19 merupakan kegiatan yang baru pertama kali dilakukan di kota ini.

“Bantuan JPS ini disalurkan melalui kelurahan yang kemudian diteruskan kepada RW (Rukun Warga), RT (Rukun Tetangga) untuk disalurkan kepada masyarakat yang terdampak di wilayahnya masing-masing dan kami berharap bantuan ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh penerima”, pungkasnya.

Sementara itu Farhah Syibli Kordinator PKH Kota Serang mengemukakan pendapatnya tentang penghargaan setinggi-tingginya kepada Pemerintah Kota serang, dalam hal ini Dinas Sosial Kota Serang yang responsif dan respect kepada kondisi sosial masyarakat yang saat ini mengalami Pandemi Covid-19.

“Dinas Sosial sigap terhadap permasalahan sosial termasuk masyarakat terdampak saat ini, dan dalam proses penanganan sosial tentu Dinsos tidak sendirian tetapi melibatkan seluruh unsur di dalamnya termasuk PKH, TAGANA, TKSK, TNI POLRI dan juga masyarakat hingga RT RW”, katanya.

Ia juga menambahkan bahwa PPKH Kota Serang bangga karena PKH dipercaya dalam pendistribusian sembako Covid-19, selain kami bisa menjenguk saudara kita yang terdampak juga bisa melihat langsung bagaimana kondisi mereka saat ini”, jelasnya.

Farhah juga berharap bahwa semoga pandemi Covid-19 segera berakhir agar kita semua dapat beraktivitas kembali seperti biasa dan semua dalam keadaan sehat, kemudian SDM PKH dapat mengambil pelajaran dari keadaan saat ini dan dapat terus menjalin hubungan kemitraan dengan berbagai unsur seperti TNI, POLRI, TAGANA, TKSK dan lainnya. (SS)

SMSI