Temui Jaro Saija, Apa Yang Disampaikan Kabidhumas Polda Banten

KOTA SERANG, beritajuang.com – Memasuki areal parkiran Pos 2 Kawasan Baduy Desa Kanekes Kecamatan Leuwidamar, Lebak pada Selasa (17/08) sekitar pukul 13.00 Wib, mata Kabidhumas Polda Banten Akbp Shinto Silitonga menatap tajam untuk mengenali seseorang yang akan menemani rombongan ke Kampung Baduy di Cikeusik. Tidak lama menunggu, rombongan Kabidhumas Polda Banten didatangi oleh seorang laki-laki perawakan tinggi berusia 50-an tahun, bernama Jaro Saija.

Nama Jaro Saija tiba-tiba menjadi terkenal dan dipublikasi meluas di beragam media termasuk media sosial pasca Presiden Jokowi memakai baju adat Suku Baduy dalam Sidang Tahunan MPR-RI Tahun 2021 pada Senin (16/08) lalu. Jaro Saija-lah yang mempersiapkan baju tersebut beberapa hari sebelum digunakan Presiden Jokowi. Juga dalam beberapa pemberitaan, Presiden Jokowi tidak lupa mengucapkan terimakasih kepada Jaro Saija yang telah mempersiapkan baju adat tersebut.

Baca Juga:  Tinjau SVMI di UI, Kapolri: Hilangkan Perbedaan Bersatu Lawan Covid-19

“Saya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada Pak Jaro Saija, Ketua Adat Masyarakat Baduy yang telah menyiapkan baju adat ini. Terima kasih,” kata Jokowi seperti dikutip dari media suara.com.

Temui Jaro Saija, Apa Yang Disampaikan Kabidhumas Polda Banten

Hal inilah yang ternyata memotivasi Kabidhumas Polda Bantan untuk rela meluangkan waktu 4 jam perjalanan demi bertemu dengan sang jaro. “Jaro Saija telah memotivasi Humas Polda Banten untuk bertemu dan mengenal lebih dalam sosok yang menjadi profil tidak hanya bagi masyarakat adat Baduy namun juga secara nasional,” kata Akbp Shinto Silitonga.

Pasca bertemu di lapangan parkir, Kabidhumas Polda Banten langsung memperkenalkan diri dan keluarga yang dibawa serta kepada Jaro Saija. “Kami datang tidak sendiri, namun bersama keluarga bahkan orangtua kami yang secara khusus juga ingin melihat keseharian dan kesederhanaan masyarakat adat Baduy terutama suku dalam,” kata Shinto Silitonga.

Baca Juga:  Hadapi Libur Lebaran, Tempat Wisata di Lebak Dibuka Untuk Wisatawan Lokal