Kondisi Sungai Ciateul Desa Cidahu sudah normal kembali.
Kondisi Sungai Ciateul Desa Cidahu sudah normal kembali.

LEBAK, beritajuang.com– Banjir yang terjadi pada dini hari pukul 01:30 WIB pada (09/05) kini sudah surut dan aliran sungai Ciateul normal kembali.

Indra Ganda Wibawa selaku Kepala Desa Cidahu Kecamatan Banjarsari mengatakan kepada beritajuang.com bahwa air sudah normal kembali. Kondisi air yang menggenang kini sudah surut.

“Puing sisa banjir semalam sudah dibersihkan secara gotog royong, ada 80 rumah atau sekitar 80 KK yang tergenang rumahnya oleh luapan sungai Ciateul”, jelasnya pada Sabtu (09/05/2020).

Ia juga menambahkan bahwa banjir ini merupakan banjir tahunan dan selalu sering jika intensitas curah hujan tinggi maka luapan sungai langsung mengakibatkan banjir.

Pemerintah Desa Cidahu bersama BPBD Lebak sigap tangani Banjir pada Sabtu (09/05/2020).
Pemerintah Desa Cidahu bersama BPBD Lebak sigap tangani Banjir pada Sabtu (09/05/2020).

“Setiap curah hujan tinggi langsung banjir, namun jika hujan sudah reda atau berhenti sekitar 15 menit atau 20 menit air akan surut kembali”, tutur Kepala Desa Cidahu.

Pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak sudah sigap dan cepat membantu ke lokasi banjir. “Bantuan yang diberikan oleh pihak BPBD sangat membantu kami dilapangan”, katanya.

“Kami juga berharap kepada pemerintah Kabupaten Lebak untuk membantu menormalisasi aliran Sungai Ciateul, agar tidak terjadi banjir lagi mana kala curah hujan tinggi”, tutupnya. (ED)