Kantor Desa Sukaraja, Kecamatan Malingping, Kabupaten Lebak.
Kantor Desa Sukaraja, Kecamatan Malingping, Kabupaten Lebak.

LEBAK, beritajuang.com– Sejumlah bakal calon Desa Sukaraja, Kecamatan Malingping bermunculan. Para bakal calon melakukan strategi marketing politik untuk meningkatkan popularitas masing-masing dalam mendapatkan simpatik masyarakat Desa Sukaraja.

Dihubungi via telepon oleh beritajuang.com Maman Suparman, S.Pd menyampaikan bahwa untuk saat ini para bakal calon Kepala Desa Sukaraja kondusif dan suhu politik berjalan dengan baik.

“Tidak benar, jika suhu politik Desa Sukaraja saat ini sudah memanas. Justru masih dalam kondisi normal dan biasa-biasa saja”, ungkapnya pada Selasa Malam (12/05/2020).

Maman Suparman, S.Pd Bakal Calon Kepala Desa Sukaraja, Kecamatan Malingping, Kabupaten Lebak periode 2021.
Maman Suparman, S.Pd Bakal Calon Kepala Desa Sukaraja, Kecamatan Malingping, Kabupaten Lebak periode 2021.

Ia menambahkan bahwa meski bakal calon bermunculan, baginya tidak masalah karena semua memiliki hak politik dalam berdemokrasi.

“Intinya saya akan melakukan yang terbaik untuk masyarakat Desa Sukaraja, tidak gentar bagi saya siapapun lawannya, yang penting memiliki visi dan misi untuk membangun Desa Sukaraja dan mensejahterakan masyarakatnya. Terutama dalam pembangunan infrastruktur jalan poros desa”, tegas Mamam yang memiliki Jargon Kualitas Silaturahmi.

Triyana salah satu pemerhati politik desa dari Dewan Pimpinan Daerah Lembaga Bantuan Hukum Lembaga Pengawasan Kebijakan Pemerintah dan Keadilan Nasional (DPD LBH LPKPKN) Kabupaten Lebak menjelaskan bahwa bakal calon Kepala Desa harus memenuhi syarat yang mumpuni. Minimal diwajibkan untuk memiliki ijazah SLTA/SMA/sederajat.

“Pihak penyelenggara Pilkades kedepan jangan ada yang terindikasi berpihak kepada salah satu calon, namun harus netral dalam melakukan penyelenggara Pilkades”, terangnya.

Triyana selaku pengamat pemerhati politik desa.
Triyana selaku pengamat pemerhati politik desa.

Lembaga Pengawasan Kebijakan Pemerintah dan Keadilan Nasional ini lebih menyoroti agar bakal calon perang gagasan, ide, dan visi-misi untuk membangun desa.

“Jangan sampai Pilkades Desa Sukaraja dinodai oleh hal-hal yang merusak demokrasi seperti intimidasi, kekerasan, politik uang, dan lain-lain”, tegasnya.

“Hari ini desa mengalami perubahan yang drastis, kualitas dan kemampuan kepemimpinan harus menjadi point utama yang harus ditunjukan dalam mensejahterakan masyarakat”, tutupnya. (MIR)

SMSI