Wisata Situ Hiang Cikamunding, ramai dikunjungi wisata di masa pandemi Covid-19, pada Senin (25/05/2020).
Wisata Situ Hiang Cikamunding, ramai dikunjungi wisata di masa pandemi Covid-19, pada Senin (25/05/2020).

LEBAK, beritajuang.com– Ditengah penutupan seluruh tempat wisata, akibat wabah Covid-19 (Corona Virus Disasea 2019), objek wisata Situ Hiang Cikamunding dibiarkan tetap buka tanpa ada himbauan apapun dari aparat desa setempat. Akhirnya banyak pengunjung yang kemudian datang dari berbagai daerah, hal ini sangat disayangkan oleh kami, karena tidak ada reaksi apapun dari aparat Desa Cikamunding seolah membiarkan situasi ini terus terjadi, pada Senin (25/05/2020).

Sekjen Forum Pemuda Cilograng, Rusyadi Ningrat menyoroti hal ini. Meskipun ada beberapa pemuda yang mencoba inisiatif melakukan himbauan tapi pengunjung berdalih karena tidak ada himbauan resmi dari Pemerintah Desa Cikamunding hingga mereka membandel untuk berdesak-desakan tanpa mengindahkan protokol Covid-19.

“Padahal jelas-jelas penutupan obyek wisata di seluruh wilayah Kabupaten Lebak sesuai dengan surat Dinas Pariwisata (Dispar) Nomor:556/174-Dispar/2020 prihal Penutupan Sementara Destinasi Wisata dan Tempat Hiburan, yang meminta agar pengelola menutup tempat wisata untuk mencegah penyebaran virus Corona atau Covid-19. Namun karena tidak ada tindakan tegas obyek wisata Situ Hiang masih saja ramai dikunjungi”, ungkapnya.

Rusyandi menambahkan bahwa ini dapat mengkhawatirkan semua masyarakat karena pengunjung yang datang ke objek wisata Situ Hiang Cikamunding tidak hanya berasal dari warga sekitar tempat wisata, melainkan mereka yang baru pulang dari zona merah seperti Tangerang dan Jakarta.

“Harusnya di seputar area objek wisata itu ada himbauan atau dipasang pengumuman bahwa wisata ditutup, akses pintu masuknya ditutup juga seharusnya”, tegasnya.

Forum Pemuda Cilograng, berharap masyarakat sadar dan mematuhi aturan, demi kebaikan bersama walaupun tidak ada himbau secara jelas dari pihak desa dan pengelola objek wisata situ Hiang Cikamunding.

“Pihak Desa Cikamunding jika sebaiknya di ingatkan oleh para Pejabat Lebak yang memiliki otoritas yang lebih tinggi agar dapat mematuhi protokol Covid-19 dan edaran dari Dinas Pariwisata Lebak”, mintanya.

Imam Rismahayadi selaku Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Kabupaten Lebak dihubungi beritajuang.com mengatakan bahwa semua wisata di Kabupaten Lebak di TUTUP tanpa Terkecuali.

“Surat sudah dilayangkan ke pihak aparat Polisi dan TNI serta Camat dan juga Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Dinas Kesehatan. Sekarang tim kami telah monitoring obyek wisata dan posisi lagi di Wanasalam bersama Muspika, Pokdarwis, dan Penggiat”, ungkapnya.

Kadispar juga menambahkan bahwa terkait laporan dari Forum Pemuda Cilograng akan kami segera ditindaklanjuti.

“Kami akan berkoordinasi dengan Camat Cilograng dan Tim gugus tugas penanganan Covid-19 setempat agar segera ditertibkan. Kami meminta Camat Cilograng segera terjun ke Pihak Desa Cikamunding sebagai pengelola destinasi wisata”, tutupnya. (DEMON)

SMSI