Jazuli Abdilah, Anggota Komisi I DPRD Provinsi Banten dari Fraksi Partai Demokrat.
Jazuli Abdilah, Anggota Komisi I DPRD Provinsi Banten dari Fraksi Partai Demokrat.

SERANG, beritajuang.com– Pandemi Covid-19 masih membayangi tanah air, untuk memutus virus covid-19 pemerintah mengeluarkan kebijakan agar tetap jaga jarak dan membatasi aktivitas di luar rumah, sehingga berdampak pada kegiatan belajar mengajar di sekolah.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Anwar Makarim langsung mengeluarkan surat edaran (SE).

SE Nomor 4 Tahun 2020 isinya tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19).

Didalam surat edaran itu selain menjelaskan bahwa UN dibatalkan, juga diatur mengenai pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun 2020.

Dinas pendidikan Provinsi Banten sudah mulai membuka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) pada hari ini, Selasa (26/05), namun masih banyak ditemukan kendala.

Jazuli Abdillah, Anggota Komisi I DPRD Provinsi Banten dari Fraksi Partai Demokrat mendesak Dinas Pendidikan Provinsi Banten terus melakukan evaluasi  dan merespon masalah yang muncul dalam pelaksanaan layanan PPDB.

“Sasaran sosialisasi itu bukan hanya panitia dan calon peserta didik, tapi juga satuan pendidikan, masyarakat pengguna layanan PPDB, serta para stakeholders bidang pendidikan, makanya evaluasi per-hari itu penting, untuk merespon masalah yang muncul di lapangan”, ujarnya.

Terkait kendala teknis yang dialami ribuan calon peserta didik dalam melakukan pendaftaran online, Jazuli menyarankan untuk meningkatkan bandwidth sehingga server dan website tidak mengalami down.

“Persoalan lainnya adalah kapasitas server yang terbatas dan lemot, bayangkan bila ribuan user mengakses berbarengan, pasti berebutan, sambil meng-uppload berkas seperti Kartu Keluarga (KK). Saran saya segera lakukan pemetaan lagi, tingkatkan bandwith jangan sampai server dan website down”, terangnya.

“Segera lakukan pemantapan teknis yang terpadu dan seragam buat seluruh operator di tiap sekolah dengan tim IT di pusat (Dindik) agar terus terkoneksi, tidak perlu Bimtek kumpul tatap muka, cukup manfaatkan melalui aplikasi zoom meeting, ini harus secepatnya dilakukan”, tutup Jazuli Abdillah, Anggota Komisi I DPRD Provinsi Banten. (SS)

 

SMSI