'Ngurek dan Ngahurep' di Kecamatan Gunung Kencana.
'Ngurek dan Ngahurep' di Kecamatan Gunung Kencana.

LEBAK, beritajuang.com– Komunitas di Kecamatan Gunung Kencana Kabupaten Lebak melakukan kegiatan paket wisata ‘Ngurek’ (memancing Belut) dan ‘ngaheurap’ (jala Ikan) di sungai Cicaringin.

Komunitas ini terdiri dari pemuda Rajawali, pemuda Kandang Sapi. Didukung Himaguna (Himpunan Mahasiswa Gunung Kencana) dan juga TPPI (Tenaga Pendamping Profesional indonesia) Kabupaten Lebak, ada tenaga ahli teknologi tepat guna Kabupaten Lebak dan juga Pendamping Desa.

Kegiatan paket wisata ngurek dan ngaheurap ini dimunculkan adalah sebagai ajang promosi wisata yang ada di Kecamatan Gunung Kencana yakni wisata bukit curahem shorea forest Desa Sukanegara dan Curug sewu di desa Cicaringin.

Rusdi dihubungi beritajuang.com selaku pelaksana kegiatan mengatakan, kegiatan ngurep dan ngaheurap ini salah satu upaya kami dalam mengembalikan memori masyarakat dalam kearifan lokal, pada Minggu (21/06/2020).

“Karena kegiatan ini sering dilakukan oleh orang-orang tua kita dahulu agar dikenalkan kepada generasi–generasi muda sekarang”, terangnya.

Ia juga menambahkan bahwa jumlah peserta yang mengikuti kegitan ini alhamdullilah ada sekitar 70 orang, diantara peserta ngurek dan ngaheurap ada Ketua Bawaslu Kabupaten Lebak (Odong Hudori).

“Selain itu peserta yang hadir sangat antusias dalam mengikuti paket wisata ngurek dan ngaheurap ini”, imbuhnya.

Wisata 'Ngurek dan Ngahurep' di Kecamatan Gunung Kencana.
Wisata ‘Ngurek dan Ngahurep’ di Kecamatan Gunung Kencana.

Kades Cicaringin, H. Nana Suhrowardi mengapresiasi kegiatan ini.

“Karena kegiatan ini sangat baik dalam menunjang sektor wisata di desa kami, dan mudah mudahan ini menjadi pemicu agar wisata-wisata di kami dapat terpromosikan. Apalagi sektor pariwisata ini sesua dengan visi-misi ibu Bupati Kabupaten Lebak”, tutupnya. (RID)

SMSI