Warga Kampung Cijalur, RT 01/ RW 02, Desa Sindangmulya, Kecamatan Maja, Kabupaten Lebak kondisinya nyaris roboh, pada Jum'at (26/06/2020).
Warga Kampung Cijalur, RT 01/ RW 02, Desa Sindangmulya, Kecamatan Maja, Kabupaten Lebak kondisinya nyaris roboh, pada Jum'at (26/06/2020).

LEBAK, beritajuang.com–  Potret kemiskinan masih banyak di temukan di lapangan, rumah berdinding anyaman bambu milik keluarga Rasid (56) warga Kampung Cijalur, RT 01/ RW 02, Desa Sindangmulya, Kecamatan Maja, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, Kondisinya miring nyaris roboh, pada Jum’at (26/6/2020).

Pasalnya rumah berukuran 8 x 6 meter tersebut  di huni oleh tiga kepala keluarga,anak dan kedua menantu Rosid. Kondisi rumah  yang lapuk karna di makan usia  sangat memprihatinkan,selain dinding nya pada bolong, genteng pada bocor, di tambah tiang penyangganya sudah pada miring.

Rasid yang keseharianya hanya sebagai tukang becak, di pasar rangkasbitung,sudah tujuh tahun menempati rumah itu. Selama itu pula rumahya tak pernah di perbaiki, dikarenakan untuk biaya hidup saja tidak cukup.

Aar, istri Rasid kepada awak media menceritakan rumah ini di bangun di atas lahan sodara saya, sudah tujuh tahun kami menempatinya,dan sampai sekarang rumah ini belum pernah di perbaiki. Sehingga bilik dan gentengnya pun sudah pada bocor, di tambah kayu penyangganya sudah pada miring.

Warga Kampung Cijalur, RT 01/ RW 02, Desa Sindangmulya, Kecamatan Maja, Kabupaten Lebak kondisinya nyaris roboh, pada Jum'at (26/06/2020).
Warga Kampung Cijalur, RT 01/ RW 02, Desa Sindangmulya, Kecamatan Maja, Kabupaten Lebak kondisinya nyaris roboh, pada Jum’at (26/06/2020).

“Saya berharap kepada pemerintah agar kiranya membantu memperbaiki rumah kami ini, kami khawatir rumah ini akan roboh. Apa lagi sekarang ini lagi musim hujan, takutnya tidak kuat menahan beban air hujan”, kata Aar.

Hal ini di respon positif oleh kepala Desa Sindangmulya Hj. Nani pratama. Rasa peduli terhadap warganya di tunjukan Nani, saat di hubungi rekan-rekan media Forum Wartawan Lebak (Forwal). Bahwa ada salah satu keluarga di Desanya, yang rumahnya hampir roboh.

Nani pun langsung merespon dengan memberi uang Rp  1.000.000 (Satu Juta Rupiah) dan menawarkan kayu secukupnya kepada keluarga Rasid, agar  rumah keluarga Rasid bisa segera di  perbaiki.

Saat ditemui di kantor Desanya  kepada TV Forwal Official  Nani menjelaskan, hari ini saya sudah memerintahkan Ketua Rt 01/02, agar segera melakukan rapat warga untuk bekerja bakti membongkar sekaligus memindahkan rumah  keluarga Rasid ke tempat yang layak huni, karena khawatir rumah itu roboh.

“Allhamdulillah kalau untuk kebutuhan kayunya saya tidak khawatir kekurangan, karena kebetulan di Desa Sindangmulya sedang ada pekerjaan SUTET. Jadi banyak pohon yang di tebangi”, ujar Nani.

Masih kata Nani, Saya ucapkan terimakasih kepada Forum Wartawan Lebak (Forwal) yang telah membantu warga kami.

“Saya bangga terhadap rekan-rekan wartawan yang selalu aktif dalam membantu sesama, mudah-mudahan ini jadi ladang kebaikan akang, dan di balas oleh Allah SWT”, tutupnya. (DRA)

SMSI