Irawati selaku Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Kabupaten Lebak dan Ahmad Samsudin selaku UPTD Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan Cibadak saat menerima penyaluran KIA pada Jum'at (06/03/2020).
Irawati selaku Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Kabupaten Lebak dan Ahmad Samsudin selaku UPTD Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan Cibadak saat menerima penyaluran KIA pada Jum'at (06/03/2020).

LEBAK, beritajuang.com – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lebak membagikan Kartu Identitas Anak (KIA) sebanyak 2.488 keping, pada kamis (05/03/2020).

Bertempat di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lebak, sebanyak 2.488 keping Kartu Identitas Anak (KIA) dibagikan dengan rincian ke UPTD Cibadak sebanyak 1.915 keping, SDN 1 Asem Cibadak sebanyak 177 keping, SDN 1 Kaduagung Timur sebanyak 99 keping, SDN 1 Tambak Baya sebanyak 168 keping, dan Paud Nurul Falah sebanyak 129 Keping.

Irawati selaku Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Kabupaten Lebak, menjelaskan, berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri No 2 Tahun 2016 Tentang Kartu Identitas Anak yang mana Kartu Identitas Anak adalah upaya Pemerintah untuk memenuhi kewajibannya dalam memberikan identitas kependudukan kepada seluruh penduduk warga negara Indonesia yang berlaku secara nasional sebagai upaya perlindungan dan pemenuhan hak konstitusional warga negara.

“Kartu identitas yang diberikan berupa Kartu Identitas Anak penyerahan ini bagian dari kerjasama Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabubaten Lebak dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Lebak. Sejak tahun tahun lalu kita sudah berkerja sama dengan Dinas Pendidikan dan salah satunya penerbitan (KIA) kolektif melalui UPTD Dinas Pendidikan Kabupaten Lebak”, terang Irawati selaku Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk.

Irawati saat memberikan KIA kepada salah satu perwakilan Dinas Pendidikan, pada Jum'at (06/03/2020).
Irawati saat memberikan KIA kepada salah satu perwakilan Dinas Pendidikan, pada Jum’at (06/03/2020).

Drs. H. Ujang Bahrudin,MM., selaku Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil menyampaikan bahwa sampai saat ini persentase kepemilikan KIA baru mencapai 14,67 % dari target 345.696 anak yang baru memiliki KIA sebanyak 50.743 anak.

“Untuk itu di harapkan agar masyarakat kabupaten Lebak agar mengurus Penerbitan KIA anaknya”, ungkap H. Ujang Bahrudin, Kepala Disdukcapil Kabupaten Lebak.

Disdukcapil Kabupaten Lebak saat mengadakan rapat bersama dengan DInas Pendidikan dalam proses penyaluran Kartu Identitas Anak sebanyak 2488 keping, pada Jum'at (06/03/2020).
Disdukcapil Kabupaten Lebak saat mengadakan rapat bersama dengan DInas Pendidikan dalam proses penyaluran Kartu Identitas Anak sebanyak 2488 keping, pada Jum’at (06/03/2020).

Ahmad Samsudin, Selaku Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan Cibadak mengucapkan terimakasih kepada Disdukcapil Kabupaten Lebak yang telah menerbitkan KIA bagi siswa-siswinya.

“Kami ucapkan terimakasih banyak kepada Disdukcapil Kabupaten Lebak, dengan sigap dan dengan baik sudah menyalurkan identitas KIA sebagai amanat peraturan Menteri Dalam Negeri No 2 Tahun 2016 Tentang Kartu Identitas Anak. Sehingga pendataan administrasi dapat tertata dengan baik”, imbuh Ahmad Samsudin kepala UPTD Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan Cibadak. (MIR)

SMSI