Korib mengadakan acara bincang desa, pada Minggu (19/07/2020).
Korib mengadakan acara bincang desa, pada Minggu (19/07/2020).

LEBAK, beritajuang.com– Komunitas Remaja Islam Binuangeun (KORIB) mengadakan acara Desa Bicara dengan mengusung tema ‘Berbicara Pembangunan Desa Muara-Binuangeun Bersama Tokoh’ di pandu oleh moderator Dede Ruslan Rafiudin Al Badar, pada Minggu, (19/07/2020).

Seperti yang disampaikan Ketua Umum KORIB, Misbahudin bahwa acara ini didasari oleh konsepsi membangun komunikasi antar tokoh dalam membangun desa berkemajuan.

“Acara ini diharapkan mampu mengembangkan kreativitas berpikir dan membangun pilihan alternatif untuk perubahan. Menguasai komunikasi efektif menyampaikan informasi sebagai sumbangan penting di dalam hidup,” ungkapnya.

Ia juga menambahkan bahwa warga Binuangeun harus mampu mengenali diri, cita-cita dan kemampuannya, serta mengembangkannya. “Menyadari pentingnya posisi yang diperankan di dalam mencapai cita-cita kemajuan desa”, tambahnya.

Di lain hal Pembina Komunitas Remaja Islam Binuangeun, Gilang Aji Darma menegaskan bahwasanya acara Desa Bicara bukan sebagai gerakan politis, namun sebagai bentuk ajang silaturahmi antar OKP, Ormawa, Ormas, Tokoh, dan Stakeholder.

“Kedepannya acara ini, insyaAllah berkelanjutan untuk menggali potensi yang ada di Desa Binuangeun,” imbuhnya.

Korib mengadakan acara bincang desa, pada Minggu (19/07/2020).
Korib mengadakan acara bincang desa, pada Minggu (19/07/2020).

Dukunganpun disampaikan oleh pemerintah Desa Muara dan sebagai bentuk apresiasi terhadap remaja Binuangeun.

Endang Fauroni selaku Kepala Desa Muara Kecamatan Wanasalam, mengapresiasi langkah Komunitas Korib yang sudah mengadakan acara ini. “Ini adalah bentuk demokrasi dimana adu gagasan dan program untuk kemajuan desa harus diutamakan,” tuturnya.

Ia menambahkan bahwa diakhir Kepemimpinannya agar para Bakal Calon beradu gagasan, mengedepankan visi-misi dan program untuk kemajuan masyarakat Desa Muara. “Adu gagasan dan intelektual dibutuhkan di era saat ini, agar Desa Muara lebih maju lagi”, terang Jaro Endang yang tidak akan mencalonkan kembali di Kompetisi Kepala Desa 2021-2027.

Endang Fauroni menilai Korib lebih peka pada situasi dan kondisi desa dengan berbagai persoalan yang komplek, karena itu mereka berupaya menghimpun berbagai pandangan dan pendapat dari para tokoh desa.

Senada disampaikan oleh Cece Saputra., S.IP., MM, “KORIB sebagai wadah para remaja di Binuangeun yang mampu melahirkan regenerasi kepemimpinan di masa depan,” jelas Mantan Camat Wanasalam ini.

Acara ini selain dihadiri oleh Tokoh dan Stakeholder, hadir juga berbagai OKP dan ORMAWA seperti WAHMI Kabupaten Lebak, GLSP (Gerakan Lebak Selatan Peduli), MATA DEWA, IPPC (Ikatan Pemuda Pemudi Cikiruhwetan), KUMABI (Keluarga Mahasiswa Binuangeun) Ikut memeriahkan acara Desa Bicara. (UCHAN)

SMSI