Junaedi Ibnu Jarta dalam pemaparan seminar kedaerahan pada Kamis (23/07/2020).
Junaedi Ibnu Jarta dalam pemaparan seminar kedaerahan pada Kamis (23/07/2020).

LEBAK, beritajuang.com– Seminar Pembangunan dimoderatori oleh Haris Bahtiar, S.H. Acara berlangsung dengan sangat meriah. Acara dimulai pukul 09.00 WIB- 15.00 WIB, pada Kamis (23/07/2020).

Pemateri pertama Junaedi Ibnu Jarta, S.Hut (Wakil Ketua II DPRD Lebak) berbicara tentang Arah Kebijakan Pembangunan dan Pengawasan Pembangunan.

Junaedi Ibnu Jarta menyampaikan bahwa Kecamatan Sobang harus memiliki karakter dan menjadi daerah yang berkebudayaan.

“Maju SDM nya, Maju Infrastrukturnya. Maka di tatanan New Normal ini, kita kawal pembangunan Sobang menjadi lebih baik. Peran Mahasiswa dan Masyarakat harus wajib mengawal pembangunan Sobang”, tegasnya.

Ia menambahkan bahwa Sobang harus berubah dari sisi SDM, dan Pola Pikir, karena Sobang dulu, Sobang Sekarang, dan Sobang Masa depan harus maju dalam SDM akan tetapi tidak melupakan jati diri kebudayaan masyarakatnya.

“Jati diri dan kemajuan Sobang harus berkarakter”, ujar Wakil Ketua II DPRD Lebak, Junaedi Ibnu Jarta.

Harits Hijrah Wicaksana selaku Akademisi yang juga pemateri kedua membahas tentang Pembangunan SDM dalam tatanan New Normal.

Harits Hijrah Wicaksana dalam pemaparan Seminar Kedaerahan pada Kamis (23/07/2020).
Harits Hijrah Wicaksana dalam pemaparan Seminar Kedaerahan pada Kamis (23/07/2020).

“Pentingnya SDM dalam membangun kedaerahan. Suatu daerah bisa dikatakan maju karena SDM nya. Untuk merubah suatu keadaan lakukan dari diri kita, lakukan dari pola pikir kita,” ucap Ketua STISIP Setia Budhi Rangkasbitung.

Iman Suamsa Sekretaris BAPPEDA Lebak selaku pemateri ketiga yang membahas perencanaan pembangunan di Sobang untuk pembangunan berkelanjutan.

Ia menyampaikan bahwa perencanaan Sobang sudah kita anggarkan di tahun lalu untuk membangun infrastruktur jalan. Namun akibat Covid-19 bidang perencanaan kena imbas, sehingga usulan di tahun lalu di panding/ tunda. Masuk kedalam penanganan Covid-19.

“Ada proses yang harus ditempuh dalam mekanisme perencanaan. Saya minta pihak Mahasiswa untuk terus kawal perencanaan dalam pembangunan Sobang,” ungkapnya.

H. Maman, S.P selaku Kepala Dinas PUPR Kabupaten Lebak dalam pemaparan pada seminar kedaerahan, pada Kamis (23/07/2020).
H. Maman, S.P selaku Kepala Dinas PUPR Kabupaten Lebak dalam pemaparan pada seminar kedaerahan, pada Kamis (23/07/2020).

Pemateri terakhir disampaikan oleh H. Maman, S.P selaku Kepala Dinas PUPR Kabupaten Lebak. Di dalam penyampaian seminarnya Ia menuturkan tentang implementasi pembangunan infrastruktur menuju Sobang maju.

“Saya dan Dinas PUPR Kabupaten Lebak berkomitmen untuk memajukan infrastruktur Kecamatan Sobang. Hanya saja karena ada Covid-19 anggaran menjadi tertunda di tahun 2020. Padahal sudah dianggarkan 7.9 M untuk betonisasi untuk salah satu ruas di Kecamatan Sobang,” tutupnya. (MIR)