Budi Waseso bersama Bupati Pandeglang Irna Narulita panen raya di Pandeglang, pada Selasa (28/07/2020).
Budi Waseso bersama Bupati Pandeglang Irna Narulita panen raya di Pandeglang, pada Selasa (28/07/2020).

PANDEGLANG, beritajuang.com– Panen raya bersama direktur utama Bulog dan Gapoktan (Gabungan Kelompok Tani) Desa Rancaseneng, Kecamatan Cikeusik, Kabupaten Pandeglang, pada Selasa (28/07/2020).

Dalam rangka panen raya yang dilaksanakan Gapoktan Desa Rancaseneng yang langsung dihadiri oleh direktur utama Bulog Komjen Pol. (Purn) Drs. Budi Waseso. hadir pula Bupati Kabupaten Pandeglang Hj. Irna Narulita, SE.,M.M., DPD RI Ali Ridho, Kapolres Pandeglang AKBP Sofwan Hermanto, S.IK.,M.H,.M.I.K. DANDIM 0601 Pandeglang Letkol Inf. Denny Juwono Pranata, M.Tr (Han) serta perwakilan dari Kementerian Pertanian dan Perwakilan Pemerintah Provinsi Banten.

Dalam sambutannya Bupati Pandeglang. mengucapkan selamat datang di Kabupaten Pandeglang kecamatan Cikeusik, Desa Rancaseneng dan terimakasih atas kedatangannya.

“Bahwasanya 30% dari seluruh lahan pertanian di provinsi Banten adanya di Pandeglang,” ujarnya.

Irna menjelaskan bahwa hadirnya perum Bulog sangatlah membantu bagi petani kami, karena untuk hasil panen dibeli langsung oleh Perum Bulog Subdivre Pandeglang- Lebak.

“Mudah-mudahan hasil panen yang ada di Kabupaten Pandeglang ini cukup dalam pemenuhan pangan baik di dalam wilayah Pandeglang maupun umumnya di Provinsi Banten,” ucap Bupati Pandeglang.

Hasil pantauan awak media, dalam kegiatan ini tetap memperhatikan protokol kesehatan dengan menjaga jarak, memakai masker dan cuci tangan.

Direktur utama Bulog Budi Waseso yang akrab di panggil Buwas mengapresiasi kepada petani, bahwasanya kita petani menjadi suatu kebanggaan. Apalagi dalam kondisi pandemi Covid-19 ini petani lah yang menjadi garda terdepan dalam hal ketahanan pangan.

“Bulog konsisten melakukan penyerapan beras petani guna mendukung pergerakan ekonomi di tingkat petani sehingga dapat memulihkan roda perekonomian nasional selama pandemi Covid-19,” ujarnya.

Budi Waseso saat dimintai keterangan oleh awak media di lokasi Panen Raya Desa Rancasenang, Kecamatan Cikeusik, Kabupaten Pandeglang, pada Selasa (28/07/2020).
Budi Waseso saat dimintai keterangan oleh awak media di lokasi Panen Raya Desa Rancasenang, Kecamatan Cikeusik, Kabupaten Pandeglang, pada Selasa (28/07/2020).

Buwas juga menjelaskan bahwa yang mana negara lain dalam kondisi seperti ini sangatlah khawatir dalam hal ketahanan pangannya, dan sudah tahun ketiga kita tidak impor beras,” tuturnya.

Buwas mengajak untuk bersama-sama meningkatkan ke swasembadaan pangan. Maka untuk itu mari kita bersama sama cita-citakan dan yakin untuk keswasembadaan pangan kita.

“Melihat dunia saat ini warning dengan kondisi pangan saat ini. apalagi dengan kondisi pandemi Covid-19. Maka dari itu marilah kita bangun satu kesatuan menjadi Indonesia kuat dengan ketahanan pangan, dan Kita harus berpihak kepada petani,” tutupnya. (RID)

SMSI