Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-Perjuangan) menunjukkan kesiapannya dalam menghadapi Pilkada Serentak 2020.
Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-Perjuangan) menunjukkan kesiapannya dalam menghadapi Pilkada Serentak 2020.

JAKARTA, beritajuang.com– Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-Perjuangan) menunjukkan kesiapannya dalam menghadapi Pilkada Serentak 2020. Hal ini terbukti dengan diserahkannya sejumlah salinan keputusan kepengurusan tingkat provinsi dan kabupaten/atau kota ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Jakarta.

Penyerahan berkas tersebut dilakukan oleh sejumlah elite PDIP di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat di Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, pada Selasa (4/8/2020). Sejumlah elite yang memberikan salinan berkas tersebut di antaranya: Sekretaris Jendral DPP PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto, Wasekjen Arif Wibowo dan Kepala Sekretariat DPP PDI Perjuangan, Yoseph Aryo Adhi Dharmo. Sejumlah elite PDI Perjuangan ini diterima secara langsung oleh Ketua KPU, Arief Budiman.

Sekretaris Jendral DPP PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto menyatakan, bahwa penyerahan dokumen kepengurusan lengkap dan resmi tersebut adalah wujud dukungan partainya untuk kesuksesan Pilkada Serentak 2020. Sebab, PDI Perjuangan menyadari bahwa susunan kepengurusan tersebut adalah bagian dari tahapan pelaksanaan Pilkada Serentak.

“Karena justru di tengah pandemi ini kita harus memberikan kepastian agar seluruh tahapan Pilkada Serentak dapat berjalan baik,” kata Hasto.

Bagi PDI Perjuangan, KPU perlu didukung untuk mengupayakan peningkatan kemampuan kelembagaan partai politik melalui sistem informasi partai politik sehingga demokrasi yang dibangun berbasis data yang lengkap.

Lebih lanjut, Hasto, menyatakan, bahwa penyerahan data tersebut adalah wujud kesiapan PDIP dalam mengikuti Pilkada serentak 2020, sekaligus dukungan agar KPU dan Bawaslu benar-benar bertindak sebagai wasit yang baik sesuai harapan rakyat.

Di sisi yang lain, Hasto memastikan bahwa data partainya bersifat definitif alias final yang berisi nama-nama pimpinan partai di tingkat provinsi dan kabupaten/kota. Mereka yang nantinya memiliki kewenangan menyampaikan pasangan calon kepala daerah di masing-masing wilayah.

“Sebagai contoh di Sumut, kami telah menetapkan Bapak Djarot Saiful Hidayat sebagai ketua DPD PDI Perjuangan di Sumut sehingga yang bersangkutan punya kewenangan di dalam melakukan pendaftaran nantinya terhadap calon-calon yang mengikuti pilkada serentak tersebut,” kata Hasto.

Hasto juga menyampaikan harapan pihaknya bahwa seluruh masyarakat Indonesia mampu memberikan dukungan untuk suksesnya Pilkada serentak 2020. Hasto juga memberikan contoh negara tetangga, Singapura, yang mampu menjalankan pemilu nasional, meskipun dalam keadaan wabah pandemi yang mematikan ini atau di tengah pandemi Covid-19.

“Maka, kami yakin bahwa kita tentu saja mampu menjalankan itu dan tentu saja dengan tetap mengedepankan protokol pencegahan Covid-19 tersebut,” pungkas Hasto.

Sementara itu, Ketua KPU RI, Arief Budiman mengapresiasi langkah PDI Perjuangan sebagai partai yang tertib.

“PDI Perjuangan itu tertib. Partai lain kemungkinan meminta mundur karena situasi Covid-19,” kata Arief. (IW)

SMSI