Mita Muhayanti, Mahasiswi Administrasi Publik, FISIP, UNTIRTA.
Mita Muhayanti, Mahasiswi Administrasi Publik, FISIP, UNTIRTA.

Oleh:
Mita Muhayanti
(Mahasiswi Administrasi Publik, FISIP, UNTIRTA)

LEBAK, beritajuang.com– Potensi wisata alam dalam suatu wilyah, seringkali belum diandalkan sebagai sesuatu aset yang mampu mendatangkan pendapatan daerah. Masih banyak potensi obyek wisata yang belum dimanfaatkan secara maksimal, padahal wisata alam terbukti dapat  mendatangkan pendapatan yang cukup besar, membuka peluang usaha dan kerja serta tetap dapat berfungsi menjaga kelestarian alam (Gavilan dalam Susilowati 2017:105). Kecamatan Malingping merupakan salah satu Kecamatan di Kabupaten Lebak yang memiliki banyak potensi wisata alam yang masih belum terawat dan terekspos, salah satunya adalah Bendungan NK.

Bendungan NK merupakan kalimat yang masih asing dimasyarakat luas bahkan di masyarakat Kabupaten Lebak sendiri, hal ini dikarenakan belum banyak orang yang mengetahui terkait keberadaan tempat wisata alam yang bernama “Bendungan NK” ini. Selama ini yang tersirat dibenak masyarakat ketika memikirkan wisata di Kecamatan Malingping hanyalah pantai bagedur saja, padahal Kecamatan Malingping memiliki beragam tempat wisata yang dapat dikunjungi selain pantai, misalnya saja seperti curug atau air terjun, wisata edukasi gula aren bahkan Bendungan NK yang keberadaannya masih terpendam. Oleh karena itu tujuan dibuatnya artikel ini adalah untuk memperkenalkan eloknya wisata alam Bendungan NK yang sangat potensial untuk dikembangkan jika diperhatikan oleh pemerintah khususnya pemerintah daerah.

Bendungan NK, Desa Sukaraja, Kecamatan Malingping, (doc/ penulis).
Bendungan NK, Desa Sukaraja, Kecamatan Malingping, (doc/ penulis).

Lantas, dimanakah Bendungan NK berada?

Bendungan NK terletak di Kampung Situpotong, RT 020 RW 004, Desa Sukaraja, Kecamatan Malingping, Kabupaten Lebak. Bendungan NK adalah nama bendungan yang ada di desa Sukaraja yang dahulunya dibuat oleh PT Nidya Karya, Sehingga disingkat menjadi Bendungan NK. Situpotong NK merupakan nama salah satu kampung yang ada di Desa Sukaraja, disebut kampung Situpotong NK karena terdapat  Bendungan NK. Bendungan NK merupakan tempat iconic desa Sukaraja namun sayangnya keberadaannya belum diketahui oleh banyak orang.

Keistimewaan dari Bendungan NK ini adalah sejarah pembangunannya yang konon katanya dibuat pada  zaman kolonial Belanda hal ini berdasarkan cerita dari masyarakat setempat, sehingga bisa menjadi tempat wisata edukasi sejarah namun tidak ada yang tahu pasti tahun pendirian dari Bendungan ini. Selain itu suasana yang disuguhkan di Bendungan NK ini sangat membuat nyaman karena kita akan dihadapkan pada dua Bendungan, yaitu satu bendungan Kecil dan satu Bendungan besar dengan pohon angsana yang tumbuh rindang sehingga kita bisa menikmati angin segar diiringi suara air mengalir.

Bendungan NK, Desa Sukaraja, Kecamatan Malingping, (doc/ penulis).
Bendungan NK, Desa Sukaraja, Kecamatan Malingping, (doc/ penulis).

Berdasarkan suasana yang tergambar dalam foto di atas, Bendungan NK juga merupakan tempat yang instagramable sehingga cocok sekali bagi kaum milenials untuk berfoto ria di area Bendungan NK ini. Namun sayangnya karena belum banyak masyarakat yang mengetahui keberadaannya wisata Bendungan NK menjadi tempat yang masih terpendam.

Bagaimana? Sudah penasaran belum sama Bendungan NK?

Yuk langsung aja kunjungi Bendungan NK, tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan ya teman-teman.

SMSI