SERANG, beritajuang.com – Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah menyatakan kebanggaan atas prestasi para mahasiswa penerima beasiswa dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang, yang kuliah di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) dan Universitas Indonesia (UI). Tatu pun memastikan, tahun ini akan menambah beasiswa Perguruan Tinggai Negeri (PTN) bagi mahasiswa baru, (24/01/2020).

Menurut Tatu, para mahasiswa penerima beasiswa memiliki rata-rata Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) sebesar 3,6 poin atau sudah memasuki kategori cumlaude. “Terima kasih kepada para mahasiswa penerima beasiswa dari Pemkab Serang, telah membuat saya bangga. Para mahasiswa telah menunjukkan prestasi membanggakan selama kuliah,” kata Tatu saat menerima silaturahmi penerima beasiswa dan para orangtuanya di Pendopo Bupati Serang, Kamis (23/1/2020).

Sekadar diketahui, Pemkab Serang memberikan beasiswa untuk 64 mahasiswa berprestasi dan tidak mampu secara ekonomi. Terdiri atas, 44 mahasiswa diploma satu (D-1) di Untirta, 13 Mahasiswa Diploma Tiga (D-3) di Universitas Indonesia, dan 7 mahasiswa sarjana kedokteran (S-1) di Fakultas Kedokteran Untirta. Khusus untuk penerima beasiswa di UI, diberikan biaya hidup oleh Pemkab Serang dan Baznas Kabupaten Serang. Ditambah juga beasiswa untuk 2 mahasiswa sarjana Untirta dari CSR BPR Serang.

Tatu Chasanah bersama para mahasiswa yang mendapatkan beasiswa.
Tatu Chasanah bersama para mahasiswa yang mendapatkan beasiswa.

Tatu memastikan, para penerima beasiswa akan bertambah tahun ini. Yakni sebanyak 25 mahasiswa D-1 di Untirta dan 6 mahasiswa D-3 UI. “Saya sudah sepakat dengan pimpinan DPRD, beasiswa ini terus berlanjut. Kita lihat kemampuan anggaran, tapi insya Allah beasiswa jalan terus. Kita harus terus meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia atau IPM Kabupaten Serang,” tegasnya.

Pada kesempatan tersebut, Tatu menjamu para mahasiswa dan orangtuanya. Satu per satu perwakilan orangtua mahasiswa menyampaikan terima kasih atas program beasiswa yang diterima anak-anak mereka. Bahkan saat sesi foto bersama, beberapa orangtua tidak bisa menahan tangis saat mengucapkan terima kasih kepada Bupati Serang.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Serang, Asep Nugrahajaya mengatakan, silaturahmi tersebut merupakan bagian dari evaluasi program serta untuk mengetahui linieritas antara rencana, kegiatan, anggaran, dan keberhasilan belajar para mahasiswa. “Kegiatan evaluasi ini diikuti juga oleh orangtua. Dapat dipastikan bahwa orangtua memiliki andil besar dalam keseriusan belajar anak,” ujarnya.

Berdasarkan hasil perolehan nilai para mahasiswa, kata dia, program beasiawa perguruan tinggi negeri ini dapat dinyatakan sebagai program yang valid, dibuktikan dari proses rekrutmen, keseriusan belajar mahasiswa dan hasil belajar dalam kategori yang bagus. “Malah luar biasa, anak-anak Kabupaten Serang bisa bersaing, baik di UI maupun di Fakultas Kedokteran Untirta,” ujar Kepala Dindikbud. (WAK)

SMSI