Pemdes Jayamanik Bangun Jalan Poros Desa, pada Selasa (18/08/2020).
Pemdes Jayamanik Bangun Jalan Poros Desa, pada Selasa (18/08/2020).

LEBAK, beritajuang.com– Alokasi Dana Desa dari Pemerintah Pusat ke Desa Jayamanik, Kecamatan Cimarga, Kabupaten Lebak, benar-benar memberi angin segar bagi peningkatan kualitas hidup dan produktifitas Warga Desa setempat.

Seperti diungkap Armin, Kepala Desa Jayamanik, Sebelum dibangun pengerasan jalan Telford, warga sangat kesulitan untuk mengangkut hasil panen pertanian mereka. Selain kesulitan mengangkut hasil panen, warga juga harus hati-hati karena jalan yang rusak dan berlumpur saat di musim penghujan tiba.

“Pembangunan Infrastruktur jalan poros desa di Desa Jayamanik merupakan skala prioritas dengan harapan agar bisa meningkatkan tarap hidup masyarakat, terlebih lagi masyarakat disini mayoritas petani dan buruh perkebunan kelapa sawit, dengan di tunjangnya Infrastruktur yang bagus mudah-mudahan memberikan dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat,” ungkap Armin, Selasa (18/08/20).

Sementara itu, Juhra TPK Desa Jayamanik menjelaskan Pembangunan Telford di Kampung Cimaja – Kampung Bantarjaya tersebut menghabiskan Anggaran Rp 196 juta dengan Volume 746 Meter x 2,5 Meter.

“Alhamdulillah dengan Pola Padat Karya Tunai Desa (PKTD) pembangunan Telford Kampung Cimaja – Kampung Bantarjaya yang menjadi akses utama masyarakat Desa Jayamanik telah selesai dibangun,” jelasnya.

Diketahui, Sebelumnya Desa Jayamanik merupakan wilayah yang dikelilingi oleh PTPN VIII sehingga dalam pengalokasian dana desa untuk perbaikan jalan poros desa harus menempuh surat ijin dari Pihak PTPN VIII.

Heri Sekertaris Desa Jayamanik mengatakan pihaknya sudah melampirkan surat peralihan dari jalan PTPN VIII beralih ke jalan Poros desa, dan sudah di lengkapi surat ijin peralihan penghubung perkebunan menjadi jalan desa dengan Nomor 58/Alak/40/2020.

“Dengan dasar surat tersebut, serta hasil Musyawarah Desa bersama masyarakat, BPD dan RT/RW, kami dari pihak desa berani mengalokasikan anggaran dari APBDes dan ini salah satu upaya Kami dengan dukungan dari masyarakat yang menginginkan jalan poros desa dibangun untuk menunjang perekonomian masyarakat, dan semoga dengan dibangunnya jalan Telford ini masyarakat Desa Jayamanik tidak kesulitan lagi apabila mengangkut hasil pertaniannya,”kata Heri.

Selain itu, Pendamping Lokal Desa setempat, Fikram Al-Bantani berharap dana Desa yang dialokasikan oleh Pemerintah Pusat ke desa semakin memberikan manfaat besar bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat desa.

“Partisipasi warga semakin meningkat sehingga pembangunan Desa berjalan dengan baik dan lancar,” tutupnya. (MIR)

SMSI