LEBAK, beritajuang.com – Dalam penanganan dan pencegahan Covid 19 Bupati Lebak menerbitkan Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 28 Tahun 2020 tentang Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) di masa pademi Covid-19.

Uji Coba penegakan Perbup tersebut dilaksanakan oleh jajaran pihak pemerintah Kecamatan Sobang, Posmil Sobang Koramil 0308/ Muncang dan jajaran Polsek Sobang di tiga titik yaitu di jalan Pertigaan Jalan Raya Cipanas- Warung Banten arah Kampung Cikuning, di jalan Perempatan Cikuning dan di Parengrang Desa Sukamaju Kecamatan Sobang, Rabu 19/08/2020.

Masyarakat Yang Kedapatan Melanggar Seperti Tidak Menggunakn Masker Dikenakan Sanksi Sosial
Masyarakat Yang Kedapatan Melanggar Aturan Saat Penertiban Seperti Tidak Menguanakan Masker Dikenakan Sanksi Sosial, Rabu 19/08/2020.

Seperti dikutip sebelumnya di media online beritajuang.com bahwa penyampaian dalam sosialisasi Bupati  Lebak terkait Perbup Lebak No 28 Tahun 2020 tentang Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) yang mengharuskan masyarakat di wilayah Kabupaten Lebak wajib mematuhi perbup tersebut dimana masyarakat Lebak diharuskan menggunakan protokol kesehatan seperti memakai masker, cuci tangan dan jaga jarak, hal tersebut untuk menekan tingkat penyebaran Covid-19.

Dalam Perbup tesebut bagi yang melanggar dikenakan sanksi teguran, sanksi sosial bahkan sanksi denda, bagi individu bisa dikenakan denda Rp 150.000 (Terbilang Seratus Lima Puluh Ribu Rupiah), bagi pelaku usaha bisa dikenakan denda Rp 25.000.000 (Terbilang Dua Puluh Lima Juta Rupiah).

Anggota Polsek Sobang saat Membantu Menggunakn Masker Kepada Pengendara Roda Dua.

M. Ali, Trantib Kecamatan Sobang mengatakan bahwa sesuai dengan Perbup Nomor 28 Tahun 2020 hari ini kami pihak Kecamatan Sobang, bersama jajaran Polsek dan Posmil Sobang Koramil 0308/ Muncang turun kelapangan untuk melakukan penegakan Perbup tesebut.

“Bagi yang melanggar kita kenakan sanksi sosial seperti menyebutkan teks Pancasila karena ini baru uji coba kedepan bagi yang melanggar bisa dikenakan sanksi denda bagi individu itu bisa mencapai Rp 150.000 (Seratus Lima Puluh Ribu Rupiah),” ujarnya.

Anggota Posmil Sobang Koramil 0308/Muncang Saat Memberikan Arahan Kepada Pengendara Roda Dua saat Melintas Tidak Mengunakan Masker
Anggota Posmil Sobang Koramil 0308/ Muncang Memberikan Arahan Kepada Pengendara Roda Dua saat Melintas Tidak Mengunakan Masker.

Anggota Posmil Sobang Koramil 0308/ Muncang, Serma Sujono mengatakan bahwa kegiatan ini adalah kegiatan gabungan antara pemerintah Kecamatan Sobang, Polsek Sobang dan Posmil Sobang Koramil 0308/ Muncang dalam menegakan Perbup Nomor 28 Tahun 2020 dimana kegiatan ini adalah penertiban bagi masyarakat yang tidak mematuhi protokol kesehatan seperti tidak menggunakan masker.

“Bagi masyarakat yang kedapatan tidak menggunakan masker diberikan sanksi teguran dan sanksi sosial seperti membacakan Pancasila dan Push Up,” pungkasnya. (FELIK)

SMSI