KKN Tematik IPB tahun 2020.
KKN Tematik IPB tahun 2020.

LEBAK, beritajuang.com– Pelepasan KKN (Kuliah Kerja Nyata) Tematik IPB University dilaksanakan di Gedung SMP N 3 Cibeber, pada Sabtu (21/08/2020).

Tema yang diangkat adalah optimalisasi pemanfaatan sumberdaya wilayah dan pemberdayaan masyarakat melalui Techno Socio Entrepreneurship untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan (SDG’s) pada masa pandemi Covid-19.

Dr. Afra D.N. Makalew, M.Sc sebagai Pimpinan IPB, menyampaikan terimakasih kepada masyarakat Wewengkon Citorek yang sudah menerima mahasiswa IPB selama 40 hari untuk melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik IPB University.

“Semoga apa yang sudah diberikan hasil dari KKN Tematik oleh para Mahasiswa dapat dioptimalkan dengan baik oleh masyarakat di wilayah Wewengkon Citorek,” ujar Afra yang juga wakil Dekan Faperta IPB.

Didi Jayadi, Kepala Desa Citorek Barat menyampaikan sangat berterima kasih kepada pihak IPB yang sudah melaksanakan KKN Tematik di Wilayah Wewengkon Adat Kasepuhan Citorek.

“Ilmu-ilmu yang diberikan oleh para Mahasiswa IPB, insyaallah akan selalu bermanfaat untuk kami masyarakat Citorek”, ucapnya dalam sambutan.

Dalam perspisahan KKN Tematik ini peserta dan tamu undangan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Junaedi Ibnu Jarta saat memberikan sambutan pada acara perpisahan KKN Tematik IPB tahun 2020.
Junaedi Ibnu Jarta saat memberikan sambutan pada acara perpisahan KKN Tematik IPB tahun 2020.

Junaedi Ibnu Jarta, Wakil Ketua II DPRD Lebak menyampaikan bahwa KKN Tematik adalah prasyarat yang harus dilakukan oleh para Mahasiswa.

“Di KKN Tematik ini adalah pembuktian antara teori dengan praktek dilapangan. Mahasiswa belajar bersama masyarakat untuk mengoptimalkan pemanfaatan sumberdaya wilayah dan pemberdayaan masyarakat di wilayah Citorek,” ujarnya.

Ia juga menambahkan, bahwa hikmah dari KKN Tematik ini mahasiswa harus mengabdi selama 40 hari yang tentunya menjadi inspirasi bagi masyarakat dalam mengoptimalkan wilayah di Wewengkon Citorek.

“Tidak ada yang lebih baik, selain bermanfaat untuk sesama dalam berbagi ilmu pengetahuan,” ucap Junaedi Ibnu Jarta yang juga Ketua DPD HA IPB Banten.

Mahasiswa saat menyampaikan pemaparan materi KKN Tematik tahun 2020.
Mahasiswa saat menyampaikan pemaparan materi KKN Tematik tahun 2020.

Idim Dimyati, Mahasiswa KKN Tematik memaparkan hasil kegiatan yang dilakukan oleh para mahasiswa IPB selama 40 hari.

“Kegiatan yang kami lakukan selama 40 hari diantaranya adalah pemberian bibit pohon, Pembuatan Abon Ikan Mas, Helik (Healty Life Culture), Pembuatan Peta Potensi Lanskap Desa Citorek Barat, Pemberian bibit lele, dan Sosialisasi Pertanian. Ini hasil lokakarya yang kami lakukan semoga dapat memberikan manfaat untuk masyarakat Wewengkon Citorek,” tutupnya. (DI)

SMSI