Antusias peringatan momen bersejarah cukup tinggi, seperti halnya pada peringatan tahun baru hijriyah sekaligus HUT RI di Kampung Cikeusik Timur Desa Malingping Selatan ini meriah penuh khidmat.
Antusias peringatan momen bersejarah cukup tinggi, seperti halnya pada peringatan tahun baru hijriyah sekaligus HUT RI di Kampung Cikeusik Timur Desa Malingping Selatan ini meriah penuh khidmat.

LEBAK, beritajuang.com– Antusias warga dalam peringatan momen bersejarah cukup tinggi, seperti halnya pada peringatan tahun baru Muharam 1442 hijriyah sekaligus HUT RI ke 75 di Kampung Cikeusik Timur (Ciktim) Desa Malingping, salah satu sudut kota Malingping cukup meriah penuh khidmat.
Pantauan, ratusan jamaah, tokoh masyarakat, tikih agama juga Camat Malingping hadir dengan memakai masker. Senwbtara tempat cuci tangan tersedia di setiap titik kumpul.

Disebutkan, acara gelar tersebut diawali dengan pawai obor keliling kecamatan dilanjut dengan giat religi, yakni istighosah dan dzikir bersama seluruh warga Kampung setempat dipumpin Kiayi Rahmat Hidayat dan puncaknya adalah siraman rohani dari KH Jamil M Yunus, Rabu malam (19/08).

Pegiat pemuda setempat, Roif Setiawan didampingi Ketua Pelaksana Firman kepada wartawan mengatakan, giat tersebut sebagai bentuk syukur atas kemerdekaan RI ke 75 dan juga peringatan Tahun Baru Muharam.

“Kita bersyukur bahwa kita telah 75 tahun merdeka, walsuoun kegiatan ini kemeriahannya dibatasi karena new normal covid, namun semangat kami tetap besar untuk bersyukur. Dan sekarang kegiatan ini kita barengkan dengan dzikir istighosah, semoga kita bisa hijrah menjadi insan yang giat, bertawakal, membangu karya positif dan tentubya selalu bersyukur,” ujar Roif.

Camat Malingping, Cece Saputra saat memberikan sambutan pidatonya.
Camat Malingping, Cece Saputra saat memberikan sambutan pidatonya.

Sementara Camat Malingping, Cece Saputra dalam sambutan di acara tersebut mengimbau bahwa di penerapan new normal covid ini di Lebak ada Perbup Nomor 28 Tahun 2020, di dalamnya mengatur semua giat interaksi masyarakat di Lebak harus tetap memperhatikan protokol kesehatan.

“Dalam giat apapun kami minta tetap memperhatikan aturan kesehatan, selalu pakai masker dan rajin cuci tangan, ini sesuai anjuran Perbup Lebak. Selain itu tolong warga Ciktim kalau buang sampah jangan sembarangan, jangan asal buang karena ajan nenimbulkan penyakit,” imbau Cece.

Kata dia, momen kemerdekaan dan tahun baru hijriyah ini kita harus berusaha merubah pola hidup ke arah kebiasaan yang lebih baik. “Karena wujud masyarakat maju adalah yang selalu patuh pada aturan agama dan negara, dengan tidak berbuat merugikan orang lain, tidak merusak lingkungan dan tentunya dibarengi rajin ibadah,” papar Camat. (MARNO)

SMSI