Komunitas Relawan Banten bersama Haji Rocker Foundation gelar lomba puisi se Banten.
Komunitas Relawan Banten bersama Haji Rocker Foundation gelar lomba puisi se Banten.

SERANG, beritajuang.com– Agustus adalah bulan yang sngat bersejarah bagi negara kita Republik Indonesia sebab dibulan ini tepatnya pada tanggal 17 Agustus 1945 negara kita merdeka. Artinya sudah 75 tahun kita merdeka Tentu selalu ada kemeriahan menyambut hari ulang tahun kemerdekaan kita. Berbagai lomba diselenggarakan oleh banyak pihak diseluruh Indonesia untuk memeriahkannya.

Komunitas Relawan Banten (KRB) yang banyak dikenal masyarakat Serang, Banten sebagai komunitas untuk aksi sosial, pun ikut meriahkan 75 tahun kemerdekaan Republik Indonesia, bersama Haji Rocker Foundation (HRF) yang juga banyak bergerak mendukung kegiatan-kegiatan positif di anak-anak muda Serang, Banten dan sekitarnya, pada (22/08) yang lalu.

Bertempat di Padepokan Kupi Kaloran, kali ini Komunitas Relawan Banten (KRB) bersama Haji Rocker Foundation (HRF) menggelar lomba puisi se-Banten dengan mengangkat tema “Arti Kemerdekaan Bagiku”.

Fairuz Lazuardi ketua pelaksana acara menyampaikan beberapa tujuan diselenggarakannya lomba puisi ini.

“Dalam rangka memperingati hari kemerdekaan RI, mengembangkan potensi generasi muda di ranah sastra serta meningkatkan kesadaran generasi muda akan pentingnya memperingati hari kemerdekaan dengan kegiatan positif,” ujarnya.

Komunitas Relawan Banten (KRB) bersama Haji Rocker Foundation (HRF) menggelar lomba puisi se-Banten.
Komunitas Relawan Banten (KRB) bersama Haji Rocker Foundation (HRF) menggelar lomba puisi se-Banten.

Ada dua kategori dalam lomba puisi ini yaitu kategori anak dan dewasa.

“Untuk kategori anak 21 puisi yang lolos seleksi, sementara dewasa 10 puisi,” tambahnya.

Haji Rocker Foundation yang diwakili oleh Aliyth Prakarsa menjelaskan bahwa HRF mendukung setiap kegiatan positif anak muda di Banten apalagi dalam rangka meramaikan kemerdekaan RI.

“Kita sudah jarang melihat dan mendengar lomba puisi di kota Serang atau wilayah Banten, kegiatan ini sangat positif semoga menjadi upaya menanamkan nilai-nilai semangat juang sebagai arti kemerdekaan sesungguhnya dan semoga juga dapat diterapkan dalam kehidupan kita sehari-hari,” ujarnya.

“Masih ada harapan untuk muda-mudi Serang, Banten jika mau bergerak bersama. Tidak saling menjatuhkan antar komunitas satu dengan yang lainnya. Yang pasti kita harus saling support karena ini adalah warisan leluhur, warisan para pahlawan, kita tidak bisa merdeka kalau kita tidak bersama,” tegasnya.

Kegiatan ini didukung oleh banyak komunitas sebagai bentuk saling support antara lain, CLSA Untirta, WProject, Padepokan Kopi, DOIR, Seattle Vans, Polosan Geh, Laboratorium Banten Girang, Bhimasena Art, biem.co, Rambo Banten dan Beritaing.

Turutberbicara dalam acar ini, Rena Yulia selaku Wakil Dekan 3 bagian kemahasiswaan FH Untirta sekaligus pembina CLSA menuturkan.

“Kegiatan seperti ini merupakan langkah yang baik bagi muda-mudi indonesia sebagai generasi bangsa yang akan melanjutkan semangat patriotisme yang diwariskan oleh para leluhur bangsa. Terlebih kegiatan lomba puisi ini menjadi medium untuk mencari WS. Rendra baru dan muda yang mahir sebagai sastrawan,” ujarnya.

Selanjutnya beliau menyampaikan harapannya bagi kegiatan ini.

“Harapan saya semoga kegiatan seperti ini bisa berlanjut di kemudian hari dengan konsep yang lebih bagus, acara yang lebih baik dan berbagai macam variasi lomba yang lebih variatif,” tutupnya. (BW)

SMSI