Akibat Tidak Memakai Masker, Puluhan Waga Lebak Kena Sanksi.
Akibat Tidak Memakai Masker, Puluhan Waga Lebak Kena Sanksi.

LEBAK, beritaJuang.com– Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), DISHUB beserta TNI dan POLRI Kabupaten Lebak melakukan aksi razia gabungan bagi masyarakat yang tidak memakai masker yang berlokasi Di Terminal Aweh, Jl. Raya Leuwidamar, Kecamatan Kalanganyar, Kabupaten Lebak, pada Selasa (25/08/2020).

Satuan Polisi Pamong Praja ( POLPP ) beserta Dishub TNI dan PORLI  menerapkan sanksi bagi masyarakat yang tidak menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah Sanksi yang di berikan kepada masyarakat Kabuapten lebak di antaranya, mensosialisasikan kepada Pelanggar, menyanyikan lagu Indonesia Raya Membaca Teks Pancasila di tempat umum.

Hukuman ini diberikan sebagai upaya pembinaan dan juga memberikan efek jera bagi pelanggar protokol kesehatan khususnya yang tidak memakai masker.”Untuk memberikan efek jera, kami tidak segan-segan menyuruh mereka push up, meski setelah itu kami memberikan mereka masker gratis. Ini juga merupakan edukasi dan biar ada rasa malu bagi yang melanggar,” ujar Satpol PP Kabupaten Lebak.

Akibat Tidak Memakai Masker, Puluhan Waga Lebak Kena Sanksi
Akibat Tidak Memakai Masker, Puluhan Waga Lebak Kena Sanksi

Hukuman itu diterapkan, lanjutnya, karena masih cukup banyak masyarakat yang membandel dengan tidak menggunakan masker ketika beraktivitas di luar rumah. Hal ini juga terkait dengan banyaknya kasus transmisi lokal, sehingga pengawasan terhadap pemakaian masker lebih diperketat.

Selain diberikan sanksi push up, ada juga yang diberi hukuman menyapu jalan dan memakai Kalung Kertas hukuman, seperti yang diberlakukan di Terminal Aweh ini, . Dengan hukuman tersebut, Seyogyanya mengharapkan ada rasa malu pada si pelanggar sehingga tidak lagi mengulangi perbuatannya.

Menurut SATPOL PP, alasan pelanggar tanpa menggunakan masker karena lupa atau karena pergi tidak jauh dari rumahnya. Atau ada juga yang memakai masker, tapi dipasang di dagunya.Demi mendisiplinkan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan, pihak Satpol PP akan terus melakukan patroli dan memberikan sanksi setiap pelanggaran. (RUL)

SMSI