Mini Market di Jalan Cikotok-Cimaja di Duga Langgar Perda No 03 Tahun 2012 Tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Pasar Tradisional

LEBAK, beritajuang.com– Indomaret dan Alfamart dijalan Cikotok- Cimaja Kampung Pasir Kuray Desa Kujangjaya Kecamatan Cibeber diduga setiap hari langgar Perda Nomor 03 Tahun 2012 dengan beroperasi lebih awal.

Stiker Peraturan Daerah Kabupaten Lebak Nomor 03 Tahun 2012 hanya dijadikan pajangan belaka atau tidak di gubris Pada Sabtu (05/09/2020).

Kasat Trantib Kecamatan Cibeber, Suhendi sudah berulang-ulang menghimbau atau mengingatkan kepada para pengusaha toko modern untuk buka atau beroperasi agar mematuhi Peraturan Daerah Nomor 3 Tahun 2012 Tentang perlindungan dan pemberdayaan pasar tradisional serta penataan pusat perbelanjaan dan toko modern, akan tetapi tidak digubris oleh para pengusaha.

Pasal 16 Ayat (3) waktu operasional minimarket setiap hari pukul 09.00 WIB sampai dengan pukul 23.00 WIB, dengan memenuhi ketentuan peraturan perundang-undangan Bidang ketenagakerjaan (lndomaret, Alfamart, Alfamidi, 212 Mart, Ceria Mart).

Pasal 16 Ayat (4) Waktu operasional untuk hari besar Ke Agamaan dan libur Nasional dapat melampaui pukul 23.00 WIB.

Subandi, Kepala Desa Kujangjaya saat di temui di ruang kerjanya, membenarkan bahwa Indomaret dan Alfamart yang berada di wilayah Desa Kujangjaya belum ada Surat Ijin Domisili Usaha.

“Saya selaku Pemerintahan Desa setempat tidak pernah mengeluarkan surat ijin domisili usaha,” ucapnya.

Ia memaparkan bahwa Perusahaan tersebut tidak ada sumbangsih terhadap perekonomian masyarakat Cibeber khususnya, tidak ada produk lokal yang mereka (Indomaret dan Alfamart) dagangkan.

Pengusaha bawa barang dari luar di jual di Cibeber hasilnya tidak ada produk masyarakat Cibeber yang dijual. CSR pun tidak pernah di keluarkan buat masyarakat sekitar.

Masih kata Subandi, kepada para pengusaha toko modern untuk saling menghargai antara pemerintah setempat dan pengusaha. Ketika terjadi apa-apa yang tidak di harapkan tetap Pemerintahan setempat yang kena.

Jamsari selaku ketua RT 01 RW 02 kampung Pasir Kuray, saat di temui awak media sangat menyayangkan dengan adanya toko modern di sini tidak ada sumbangsih buat lingkungan.

“Permohonan dana untuk kegiatan hari besar seperti tujuh belasan, muludan, rajaban, buat santunan anak yatim juga tidak perduli. Paling tinggi pernah ngasih aqua gelas satu dus itu dari Alfamart. Kalau lndomaret sama sekali tidak pernah ngasih,” ucapnya.

Masih kata Jamsari, Indomaret dan Alfamart dengan setiap hari beroperasi atau bukalebih awal dari jam yang di tentukan Perda Nomor 3 Tahun 2012

“Kepada manejemen lndomaret dan Alfamart tolonglah untuk mengadakan tenaga parkir karena yang belanja suka seenaknya berparkir, demi ketertiban dan kenyamanan,” tutupnya. (RUS)

SMSI