Polsek Pasar Kemis Minta Pelaku Usaha Agar Patuhi Protokol Kesehatan.
Polsek Pasar Kemis Minta Pelaku Usaha Agar Patuhi Protokol Kesehatan.

TANGERANG, beritajuang.com– Jajaran Polsek Pasar Kemis, Polres Tanggerang Polda Banten dibantu Satpol PP dan TNI AD melakukan patroli mobile dalam rangka mendisiplinkan protokoler kesehatan. Dalam giat tersebut, petugas juga membubarkan muda-mudi yang sedang berkumpul minum-minuman keras dan berhasil menemukan dua (2) dus minuman keras (miras) di Jalan Kota Bumi.

Kapolsek Pasar Kemis Ajun Komisaris Polisi (AKP) Fikri Ardiansyah mengaku, pihaknya memeriksa secara langsung protokol kesehatan di tempat Coffee-coffee dan Bilyard. Namun kata Fikri protokol kesehatan saja belum cukup, karena perlu didukung pendisiplinan dan kesadaran oleh semua pihak termasuk pemilih usaha.

Dikatakan Fikri, penerapan kesehatan tidak hanya berlaku untuk pemilik usaha melainkan pengunjung juga harus mematuhinya. Kata Fikri protokoler kesehatan jika dilakukan dengan baik, maka tidak hanya konsumen di Indonesia tapi bagi wisatawan mancanegara akan meningkat kepercayaanya.

“Penerapan protokol kesehatan ini diharapkan bisa dilakukan oleh pemilik usaha maupun konsumen. Untuk jumlah personil ada sekitar 54 dibantu dari TNI dan Satpol PP. Kita juga melarang konsumen yang tak menggunakan masker untuk masuk.”ucap Fikri Ardiansyah kepada awak media, Minggu 28 September 2020.

Polsek Pasar Kemis Minta Pelaku Usaha Agar Patuhi Protokol Kesehatan.
Polsek Pasar Kemis Minta Pelaku Usaha Agar Patuhi Protokol Kesehatan.

Masih kata Fikri, pelaku usaha yang ada di Wilayah Pasar Kemis wajib menerapkan protokol kesehatan seperti menyediakan tempat pencuci tangan dengan Sanitaizer menjaga jarak pada saat berada di Caffe dan wajib menggunakan masker.

“Kita melakukan pendisiplinan dengan melakukan pendekatan humanis. Kalau ada pelanggar tidak mematuhi protokol kesehatan kita tegur. Kita juga mendapatkan dua dus miras pada saat razia di Jalan Kota Bumi.”jelas Fikri.

Sebelumnya, Kementerian Kesehatan telah mengeluarkan surat edaran mengenai protokol kesehatan pada masa new normal. Surat tersebut aturan baru dalam pencegahan virus Covid-19 untuk tempat bisnis jasa dan perdagangan. Surat edaran itu yakni Surat Edaran Nomor HK.02.01/MENKES/335/2020.

Dimana isi dari surat edaran tersebut bahwa protokol pencegahan penularan Covid-29 itu wajib dilaksanakan oleh pengelola tempat kerja, pelaku udaha, pekerja, konsumen dan masyarakat yang terlibat pada sektor jasa. Selain itu, pengelola usaha juga harus bisa bisa memahami perlindunga diri dari bahaya Covid-19 dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). (Red)

SMSI