FKPT Banten Gelar Dialog Pencegahan Terorisme Melalui Jejaring Pemuda, Pelajar dan Tokoh Adat

SERANG, beritajuang.com – Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Provinsi Banten mengadakan dialog pencegahan terorisme melalui jejaring media, pemuda, pelajar dan tokoh adat bertempat di Serang, Kamis 22/10/2020

Kegiatan ini diawali sambutan ketua FKPT Banten  Dr. KH. Amas Tadjudin yang  mengatakan bahwa  FKPT  berkomitmen kepada bangsa negara untuk mencegah faham radikalisme  terorisme di Banten dengan melakukan berbagai kegiatan dengan sasaran  dari semua kalangan.

Acara Dialog di mulai dengan pemaparan materi oleh  Solehudin, M.Pd,  Kabid pemuda yang menyatakan bahwa salah satu langkah dalam mencegah radikalisme teorisme maka pemuda harus di bentengi dengan memberikan pemahaman tentang bahaya teroris.

Peserta Dialog Pencegahan Radikalisme dan Terorisme Oleh FKPT Banten.

Sementara narasumber  kedua Sehabudin, M.Pd menekankan bahwa media dan tokoh adat adalah unsur terpenting dalam penanggulangan radikalisme dan teroris.

“Media di era globalisasi menjadi kebutuhan masyarakat dapat dijadikan alat penyebaran faham radikalisme terorisme sedangkan tokoh adat sebagai pakunya daerah menjadi benteng paling terdepan dalam rangka menjaga lokal wisdom yang menjadi pendekatan dalam pencegahan.” Ujarnya

Hadir juga sekretaris Kesbangpol Provinsi Banten Sugiono  yang mengatakan  bahwa  menjaga tradisi, menguatkan ekonomi melalui pemberdayaan, pertantian, membentuk organisasi Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) adalah langkah langkah  yang dilakukan Kesbangpol Banten dalam mencegah radikalisme terorisme.

“Di Era digital sekarang ini, media menjadi kebutuhan masyarkat dalam berbagai aspek kehidupan termasuk menyebarkan faham Radikal Teroris, sekaligus menangkal, seliannotu lokal wisdom yang ada di Banten di harapakan akan menajdi startegi jitu dalam mencegah radikalsme, teroisme dan tokoh adatlah yang sangat berperan dlam hal ini” pungkasnya.(NR)

SMSI