Photo Saluran Irigasi Yang Mengairi Puluhan Hektar Pesawahan di Desa Ciparasi Kecamatan Sobang

LEBAK, beritajuang.com – Program Percepatan Peningkatan Tataguna Air Irigasi (P3TGAI) di Desa Ciparasi Tingkatkan jaringan irigasi. Program tersebut dibangun secara swakelola oleh kelompok P3A Pasir Sereh Desa Ciparasi Kecamatan Sobang yang mengairi puluhan Hektar pesawahan di Daerah Irigasi (D.I) Kali Ciparasi Blok Pasir Sereh, Senin 02/11/2020

Kepala Desa Ciparasi Fathurrohman, SPd.I, MM menyampaikan berkaitan dengan jaringan irigasi yang berlokasi di Daerah Irigasi (D.I) Kali Ciparasi Blok Pasir Sereh itu merupakan sebuah pilihan yang tepat sasaran tepat guna dan tepat manfaat karna Daerah Irigasi Kali ciparasi blok pasir sereh itu merupakan hulu air yang di salurkan ke berbagai pelosok atau ke bergai wilayah pesawahan warga, salah satu penerima manfaat irigasi yaitu blok Pasir Sereh tersendiri , Ciohol, Cipadang, Siladeg karna di pertengahan jalur itu air di bagi ke berbagai blok.
Sebagai ungkapan terimakasih kepada Balai sangat tidak bisa di ungkapkan dengan kata kata hanya allah lah yang mampu membalasnya, Katanya.

Hasil Pantauan Awak Media beritajuang.com Bangunan Fisik Lining Tipe 2 P3A Pasir Sereh Desa Ciparasi

Tambah Faturahman (Jaro Fatur ) program P3TGAI di tahun 2020 Alhamdulillah ini merupakan sebuah keberuntungan dan keberkahan bagi Desa Ciparasi hususnya bagi para penguna air irigasi karena dengan air yang cukup maka akan meningkatnya produktivitas pertanian, Ujarnya.

Ketua P3A Pasir Sereh Desa Ciparasi, Mulyadi mengucapkan banyak terimakasih kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Direktorat Jenderal Sumber Daya Air (Dirjen SDA) Balai Besar Wilayah Sungai  Cidanau-Ciujung-Cidurian (BBWSC-3) karena program nya sangat menyentuh kepada masyarakat petani yang ada di pedesaan.

Photo Bangunan Fisik Lining Tipe 1 P3A Pasir Sereh Desa Ciparasi

“Apa yang telah diberikan oleh pihak Kementerian PUPR sangat berarti bagi kami, sehingga kedepan kami lebih semangat lagi dalam proses bertani karena saat ini air dapat mengairi pesawahan dengan jangkauan yang sesuai harapan masyarakat, dengan program ini makan produksi hasil pertanian akan semakin meningkat. Kami juga berterimakasih kepada semua pihak yang terlibat terutama kepada tim balai dan TPM yang selalu membimbing dan mengarahkan kami dalam proses tahapan pengerjaan dan pelaporan sehingga mendapatkan hasil yang memuaska,” ucapnya.

Idis selaku petani di area pesawahan ciohol merasa bahagia karna baru tahun ini air bisa mengalir lebih besar sampe ke lahan yang dulunya selalu kekeringan, mudah- mudah dengan jaringan irigasi yang baik dapat meningkatkan hasil produksi pertanian, ungkapnya.

Ditempat terpisah Tenaga Pendamping Masyarakat ( TPM), Rodiansah menyampikan berkat kerjasama yang baik dari semua pihak alhamdulillah sudah dilakukan Final Hand Over (FHO) atau Serah Terima Akhir Daerah Irigasi (DI) Kali Ciparasi Blok Pasir Sereh.

“Alhamdulillah hasilnya memuaskan sehingga manfaatnya dapat dirasakan oleh para petani dan mudah mudahan setelah jaringan irigasi dibangun masyarakat khususnya penerima manfaat dapat merawatnya,” pungkasnya. (NR)

SMSI