Temu Komuitas Peduli Sungai, LPBI NU Turut Berpartisipasi Penanaman Seribu Mangrove

SERANG, beritajuang.com– LPBI NU Provinsi Banten ikut berpartisipasi dalam kegiatan Temu Komunitas Peduli Sungai ‘Penanaman Seribu Mangrove ‘ di Sekolah Tinggi Perikanan Karangantu dan Pantai Gope, Kota Serang, Kamis 26 /11/2020.

Kegiatan tersebut diselenggarakan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang atau PUPR Banten bersama TNI/POLRI, Komunitas Peduli Mangrove, serta DES relawan Se-Provinsi Banten.

Mangrove akan ditanam di sepanjang pantai yang ada di Provinsi Banten. Ketua penyelenggara Endang Sudrajat mengatakan, kegiatan tersebut semula direncanakan pada Maret dan April. Namun, karena kondisi Pademi Covid-19 dan aturan Gubernur yang memberlakukan Work From Home (WFH), kegiatan baru bisa dilaksanakan pada November 2020.

Kegiatan tersebut menerapkan protokol kesehatan dalam upaya mendukung upaya pemerintah dalam memutus mata rantai Covid-19.

“Kegiatan ini merupakan bentuk kepudulian pemerintah terhadap kondisi Pantai Banten dan keberadaan mangrove yang semakin terancam,” kata Daud Yusuf, mewakili Kepala Dinas PUPR Provinsi Banten, dalam keterangan tertulisnya di Serang.

LPBI NU Banten dan Komunitas Peduli Sungai Melakukan Penanaman Pohon Mangrove Yang Diselenggarakan Oleh Dinas PUPR Banten

Turut hadir perwakilan Sekolah Tinggi Perikanan Heri Triyono sebagai pemateri. Dalam pemaparannya, Heri menjelaskan tentang seputar pengetahuan tentang pohon mangrove dan cara menanam pohon mangrove serta pemeliharaannya.

Ketua LPBIN NU Banten, Sehabudin, M.Pd sangat mendukung kegiatan tersebut dan diharapkan selain menata pantai ke depaannya, juga dapat mengatisipasi adanya abrasi pantai yang berlebihan, mencegah erosi sedimentasi yang ada pada bibir pantai, berfungsi juga dalam sumber makanan bagi satwa yang ada di ekosistem laut seperti udang-udangan, cumi, dan lain-lain, tutupnya.( Red )