Joko Anwar Raih Penghargaan Piala Citra Sutradara Terbaik

JAKARTA, beritajuang.com – Gelaran Festival Film Indonesia (FFI) 2020 telah selesai dilaksanakan. Tadi malam adalah Malam Penganugerah Piala Citra 2020 di Jakarta, 05/12/20

Pada penyelenggaraan FFI ke-40 ini Joko Anwar berhasil meraih penghargaan sebagai Sutradara Terbaik dalam filmnya berjudul Perempuan Tanah Jahanam yang juga meraih penghargaan kategori Film Cerita Panjang Terbaik.

Dalam pidato kemenangannya Joko mengajak kepada semua pemangku kepentingan agar saling bekerjasama demi kemajuan perfilman Indonesia.

“Kemajuan individu dan kelompok tidak akan mampu membuat film indonesia maju. Film Indonesia maju hanya bisa maju, mendapat tempat dihati para penonton lokal dan internasional kalau semua pemangku kepentingan bekerjasama secara sinergis,” ujarnya.

“Para sineas harus mau belajar meningkatkan skill, para produser mampu memilih project yang akan mendukung suistanability dari perfilman Indonesia, penonton Indonesia menonton film legal jangan nonton yang bajakan. Kritikus dan pengulas film mampu membaca film sehingga mereka mampu kalau tidak mencerdaskan bisa mencerahkan,”imbuhnya.

Joko juga meminta kepada pemerintah ikut mendukung dengan membuat kebijakan yang baik bagi perfilman Indonesia.

“Serta pemerintah harus mampu membuat kebijakan yang bisa membuat ekosistem perfilman Indonesia semakin baik,”
tambahnya.

Selain itu, Joko Anwar juga menegaskan agar semua bekerja keras, mencintai profesinya sebagai insan perfilman Indonesia.

“Hanya dengan kerja keras, dedikasi yang penuh, kecintaan terhadap profesi akan membuat film Indonesia lebih tinggi derajatnya dimata internasional dan dihati kita semua,” ujar sutradara peraih piala Citra 2020 ini.

Di akhir pidatonya Joko berpesan untuk tetap menghasilkan film yang bagus untuk masyarakat Indonesia

“Kita berhenti dikala pandemi saat film Indonesia di puncak masa kejayaan, kita memiliki kepercayaan penonton yang sangat tinggi terhadap film Indonesia sehingga kita boleh membuat dan merilis film yang merusak kepercayaan ini,” tutupnya.

Selain memenangkan kategori Sutradara Terbaik film Perempuan Tanah Jahanam pun meraih kategori lainnya.
Film Ceritera Panjang Terbaik, Pemeran Pendukung Perempuan Terbaik, Pengarah Sinematografi Terbaik, Penata Suara Terbaik, Penyunting Gambar Terbaik. (BW)