Ahmad Syarif, Ketua SMSI Kabupaten Lebak.
Ahmad Syarif, Ketua SMSI Kabupaten Lebak.

LEBAK, beritajuang.com– Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Provinsi Banten pada tanggal 18-19 Desember mendatang akan menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang akan bertempat di Cilegon. Untuk itu Ketua SMSI Lebak, Achmad Syarif meminta support pemerintah dan pemangku kepentingan di Kabupaten Lebak agar semakin banyak lagi wartawan yang memiliki kompetensi jurnalis.

Dikatakan Ketua SMSI Lebak, perusahaan media anggota SMSI merupakan mitra kerja bagi Pemkab dan pemangku kepentingan di Lebak dalam hal publikasi kegiatan.

Untuk itu, perlu didorong oleh semua pemangku kepentingan agar pers di Lebak semakin tumbuh dan berkontribusi membangun Lebak melalui karya berita yang dihasilkan oleh wartawan-wartawan yang melakukan tugas jurnalistik secara profesional.

Dikatakan Syarif, kegiatan UKW bertujuan untuk memperkaya sekaligus memberikan kesempatan kepada para insan pers dalam upaya meningkatkan peran dan profesionlisme wartawan.

Rencananya, pelatihan ini diikuti oleh puluhan peserta yang terdiri dari jurnalis dari kabupaten/kota se – Banten.

Syarif juga mengatakan kegiatan ini merupakan wujud dari komitmen SMSI dalam program peningkatan profesionalisme jurnalistik.

“Insan pers dapat lebih hati-hati menggunakan dan mempercayai data di sosial media, dengan tetap menggunakan kode etik jurnalistik sebagai pedoman pemberitaan,” kata Syarif.

Sementara itu, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kab. Lebak, Fahdi Khalid mendukung rencana kegiatan UKW yang digelar SMSI.

Dikatakan pria yang akrab disapa Akew, selain Uji Kompetensi Wartawan, di tempat yang sama juga akan digelar Karya Latih Wartawan (KLW) yang menjadi syarat masuk keanggotaan PWI.

Senada dengan Ketua SMSI Lebak, Ketua PWI juga berharap support dari Pemkab Lebak dan pemangku kepentingan untuk mendorong semakin banyak wartawan di Lebak yang mengantongi sertifikat kompetensi.

“Selain organisasi wartawan, peran pihak eksternal, seperti Pemkab Lebak dan pemangku kepentingan juga sangat besar untuk mendorong profesionalisme wartawan,” harapnya. (MIR)