Dadun Sekdes Nangerang saat memberikan pemaparan di depan masyarakat saat Musdes APBDes, pada Senin (28/12/2020).
Dadun Sekdes Nangerang saat memberikan pemaparan di depan masyarakat saat Musdes APBDes, pada Senin (28/12/2020).

LEBAK, beritajuang.com– Pemerintah Desa Nangerang di akhir tahun membahas Musyawarah Desa dengan pembahasan dan uji publik rancangan anggaran pendapatan dan belanja desa Tahun 2021. Acara berlangsung di Aula Kantor Desa Nangerang, Kecamatan Cirinteun, Pada Senin (28/12/2020).

Hadir dalam acara tersebut Pihak Kecamatan Cirinteun, Tokoh Masyarakat, Lembaga Desa, RT/ RW, dan Para Kiyai Desa.

Dadun, Sekdes Nangerang menjelaskan bahwa adanya musyawarah desa ini untuk menyerap aspirasi masyarakat Desa Nangerang dalam keterlibatan untuk membangun desa.

“Desa Nangerang ini milik kita semua warga masyarakat desa. Keterlibatan dalam pembangunan sangat diperlukan untuk kemajuan desa. Kami mengharapkan ide-ide dan gagasan dari para tokoh, masyarakat, para Kyai, dan mahasiswa untuk berperan aktif memberikan masukan yang konstruktif untuk kemajuan Desa Nangerang,” ucap Dadun.

Ia juga mengajak agar masyarakat untuk bersama-sama meningkatkan gotong royong dalam pembangunan desa.

“Alhamdulillah, hadirnya dana Desa baik dari Pusat, Provinsi, dan Kabupaten membawa dampak positif untuk kemajuan desa. Namun, dibalik semua itu peran gotong royong dalam membangun desa wajib selalu kita tingkatkan,” jelasnya.

Musdes Desa Nangerang, Kecamatan Cirinteun, Kabupaten Lebak pada Senin (28/12/2020).
Musdes Desa Nangerang, Kecamatan Cirinteun, Kabupaten Lebak pada Senin (28/12/2020).

Sardi, masyarakat Desa Nangerang sangat bangga bahwa nilai-nilai demokrasi dan pengamalan Pancasila sangat diterapkan dengan baik.

“Penerapan Pancasila itu tercermin dari pengamalan nilai-nilai musyawarah untuk mencapai mupakat dalam menyusun anggaran APBDes Tahun 2021. Nantinya anggaran tersebut menjadi sebuah kebijakan yang dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat Desa Nangerang,” harapnya.

“Hasil musyawarah yang telah dibahas secara bersama-sama dengan melibatkan masyarakat yang ada di desa harus dipublikasikan sebagai transparansi apa yang telah dilakukan oleh pemerintah Desa Nangerang di tahun 2020 ini,” lanjutnya.

Ia juga berharap semoga Desa Nangerang di tahun 2021 lebih maju lagi, baik di bidang pertanian, infrastruktur, dan pembangunan.

“Kami berharap untuk bidang pertanian semoga pupuk subsidi dimudahkan dalam penyalurannya, dan semoga Covid-19 segera berlalu di wilayah Kabupaten Lebak khususnya,” pungkasnya.

Kegiatan ini dalam proses kegiatan nya menerapkan protokol Kesehatan. Itu terlihat dari pantauan awak media bahwa di lokasi ada tempat cuci tangan, hand sanitizer, masker, dan pola hidup bersih dan sehat di lingkungan Desa Nangerang. (RUS)