LBH RPB lakukan penyuluhan hukum di Desa Cikadu, pada Rabu (06/01/2021).
LBH RPB lakukan penyuluhan hukum di Desa Cikadu, pada Rabu (06/01/2021).

LEBAK, beritajuang.com– Yayasan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Rumah Perjuangan Bersama (RPB) lakukan penyuluhan hukum kepada masyarakat Desa Cikadu, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Lebak. LBH RPB mengajak masyarakat untuk mengenali dan memahami tentang hukum yang ada di Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Nasrulloh selaku lawyer LBH RPB menjelaskan bahwa masyarakat harus peka dan paham tentang hukum. “Di era reformasi seperti ini, wawasan dan pengetahuan tentang hukum sangat penting dipahami oleh masyarakat, khususnya di Desa Cikadu, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Lebak,” terangnya kepada awak media beritajuang.com, Kamis (07/01/2020).

Ia menambahkan bahwa penyuluhan hukum yang diadakan oleh LBH RPB ini mengajak masyarakat untuk mengenali jenis-jenis hukum yang masuk tindak pidana, dan jenis-jenis hukum yang masuk kedalam perdata.

“Di pilihnya Desa Cikadu sebagai tempat penyuluhan hukum oleh Yayasan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Rumah Perjuangan Bersama (RPB) sebagai wujud dari jalinan kerjasama antara LBH RPB dengan Pemerintah Desa Cikadu. Selain itu juga masih banyak ditemukan masyarakat Desa Cikadu yang masih belum memahami terhadap persoalan hukum, baik di dalam persengketaan perdata maupun pidana,” ucapnya.

Saat memberikan pemaparan hukum di Desa Cikadu, pada Rabu (06/01/2021).
Saat memberikan pemaparan hukum di Desa Cikadu, pada Rabu (06/01/2021).

Sunjaya, selaku Kepala Desa Cikadu berterimakasih atas hadirnya LBH RPB yang sudah memberikan penyuluhan kepada masyarakat di Desa Cikadu.

“Banyak sekali masyarakat yang kritis dan rasa ingin tahu yang tinggi sehingga banyak bertanya kepada LBH RPB tentang persoalan hukum yang mereka hadapi,” ungkapnya.

“Bagi kami, kegiatan seperti ini sangat membantu kami dalam menjawab keresahan-keresahan yang dihadapi oleh masyarakat dalam menghadapi persoalan hukum,” lanjutnya.

Masyarakat Desa Cikadu yang mengikuti penyuluhan hukum yang diadakan oleh LBH RPB, pada Rabu (06/01/2021).
Masyarakat Desa Cikadu yang mengikuti penyuluhan hukum yang diadakan oleh LBH RPB, pada Rabu (06/01/2021).

Pada saat tanya jawab berlangsung, masyarakat sangat antusias dalam menyampaikan pertanyaan. Terutama prihal kasus hutang piutang, perceraian, kasus tindakan melawan hukum, dan sebagainya.

“Itu artinya bahwa kesadaran dan rasa ingin tahu masyarakat Desa Cikadu sangat tinggi prihal pemahaman tentang hukum,” tutur Jaro Sunjaya.

Ia menambahkan bahwa ini adalah komitmen saya selaku Kepala Desa Cikadu yang siap melayani dan membantu masyarakat dalam menjawab persoalan hukum.

“Sehingga kami siap bekerja sama dengan Yayasan LBH RPB sebagai wujud komitmen dalam membantu masyarakat di Desa Cikadu,” tutupnya. (MIR)