Putri Uswatun Hasanah bersama Ibundanya Siti Rohmah saat memegang piala kemenangan.
Putri Uswatun Hasanah bersama Ibundanya Siti Rohmah saat memegang piala kemenangan.

LEBAK, beritajuang.com– Putri Uswatun Hasanah lahir pada tanggal 20 Mei 2003 merupakan anak bungsu (terakhir) dari tiga bersaudara. Sejak usia enam bulan orang tua nya bercerai. Ibunya bernama Siti Rohmah beralamat di Kp. Pagelaran RT 001, RW 001, Desa Pagelaran, Kecamatan Malingping, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten.

Ibu Siti Rohmah menghidupi anaknya seorang diri. Ia bekerja sebagai buruh tani. Keterbatasan ekonomi tidak menyurutkan Siti Rohmah untuk menyerah dalam membiayai pendidikan anak-anaknya. Ia bekerja keras untuk membiayai anak-anak nya agar terus bersekolah.

Uswatun Hasanah merupakan Juara sains tingkat nasional. Juara 1 di bidang Ilmu Pengetahuan Kebumian (IPK). Saat ini Ia masuk menjadi peserta Regeneron International Science and Engineering Fair (ISEFF) tingkat Internasional delegasi Indonesia. Akan berkompetisi sains pada tanggal 10 – 15 Mei 2020 di Anaheim Convention Center, Anaheim, California – Amerika Serikat.

Saat ditemui awak media beritajuang.com Siti Rohmah yang merupakan peserta Program Keluarga Harapan (PKH) dengan nomor 360201016050506 dan Uswatun Hasanah merupakan anak dari peserta PKH. Saat ini masih tercantum keanggotaan peserta PKH. “Berharap Pemerintah Kabupaten Lebak dan Provinsi Banten bisa membantu pembiayaan pemberangkatan anaknya untuk mengikuti kompetisi sains ke Amerika Serikat”, ungkap Siti Rohmah, (09/02/2020).

Ibu Siti Rohmah saat berada di depan rumah
Ibu Siti Rohmah saat berada di depan rumah

 

Baca : Penggalangan Dana Delegasi Indonesia for ISEFF 2020, USA

Baca : Mengharumkan Bangsa, KIR Logos SMAN 1 Malingping Membutuhkan Donasi Untuk Kompetisi Sains di Amerika Serikat

Ditambahkan Siti Rohmah, bahwa “Jujur kami dari keluarga tidak mampu jika Mput (panggilan sehari-hari/ Uswatun Hasanah) harus ikut lomba sains dengan biaya mandiri. Kami terkendala keterbatasan ekonomi. Untuk sehari-hari saja kami sangat kesulitan. Kami berharap pemerintah ikut membantu sebagai sponsor. Karena mengingat biaya kompetisi ini merupakan biaya mandiri”, ungkap Ibu dari Uswatun Hasanah.

Uswatun Hasanah yang merupakan siswi SMAN 1 Malingping yang berprestasi memperoleh Juara 1 tingkat Nasional, dan saat ini karya ilmiahnya pelet limbah sagu (Metroxylon sagu) termodifikasi: Aplikasi pakan buatan pada usaha pembesaran ikan lele dumbo (clarias sp) akan di kompetisikan di Amerika Serikat.

“Saya berharap ada pihak sponsor dan pihak-pihak yang mau membantu kami dalam pembiayaan ini. Karena butuh dana yang besar untuk pemberangkatan ke Amerika Serikat. Semoga ada pihak yang peduli terhadap kami dalam pembiayaan ini”, ungkap Uswatun Hasanah.

Putri Uswatun Hasanah bersama Ibunda Siti Rohmah yang merupakan peserta Program Keluarga Harapan
Putri Uswatun Hasanah bersama Ibunda Siti Rohmah yang merupakan peserta Program Keluarga Harapan saat berada di depan rumah.

Baca Juga: Siswa-Siswi KIR Logos SMAN 1 Malingping Menyambangi DPRD Lebak

Disisi lain, Adi Yasin yang merupakan pendamping PKH Desa Pagelaran, Kecamatan Malingping mengatakan bahwa bangga dengan Uswatun Hasanah yang dapat mengharumkan nama Lebak, dan Indonesia pada umumnya.

“Kita ketahui bersama bahwa Uswatun Hasanah berasal dari keluarga tidak mampu, dan merupakan anak Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) di Desa Pagelaran. Suatu kebanggaan yang sangat berarti bagi kami, bahwa anak KPM berprestasi di tingkat Nasional, dan Saat ini mau melangkah ke Internasional”, terang Adi Yasin Pendamping PKH Desa Pagelaran.

Di tanya soal pembiayaan Uswatun Hasanah yang akan berkompetisi di Amerika Serikat, Koorkab PKH, Iswadi menjelaskan bahwa dirinya siap membantu gotong royong untuk mewujudkan cita-cita Uswatun Hasanah untuk berkompetisi sains di Amerika Serikat.

“Dengan adanya anak KPM PKH kabupaten Lebak yg berprestasi di tingkat nasional, menjadi motivasi buat anak KPM PKH yg lain untuk giat belajar lagi, serta tidak menjadi penghambat dalam belajar walaupun dari keluarga penerima bantuan PKH, kedepannya mudah-mudahan tumbuh dari anak-anak KPM PKH yang lainnya, yang berprestasi seperti Uswatun Hasanah.”, jelas Iswadi Korkab PKH Lebak. (MIR)

SMSI