Bangga, Wakil Bupati Lebak Sambut Siswi Berprestasi KIR Logos SMAN 1 Malingping
Bangga, Wakil Bupati Lebak Sambut Siswi Berprestasi KIR Logos SMAN 1 Malingping

LEBAK, beritajuang.com– Wakil Bupati Lebak menerima siswa-siswi berprestasi Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) Logos SMAN 1 Malingping di kantornya pada (07/02). Hadir dalam pertemuan itu Wakasek Kesiswaan SMAN 1 Malingping beserta salah satu pembina KIR Logos dan dua siswi yang akan berkompetisi sains pada International Science and Engineering Fair (ISEFF) tingkat Internasional delegasi Indonesia pada tanggal 10 – 15 Mei 2020 di Anaheim Convention Center, Anaheim, California – Amerika Serikat.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Bupati Lebak, H. Ade Sumardi, S.E menyampaikan bahwa sangat bangga sekali bahwa Sumber Daya Manusia (SDM) Lebak sudah bisa berkompetisi dengan luar negeri. Karya ilmiah anak SMA dengan temuannya pelet limbah sagu (Metroxylon sagu) termodifikasi: aplikasi pakan buatan pada usaha pembesaran ikan lele dumbo (clarias sp) akan di kompetisikan di Amerika Serikat.

“Meski SMA saat ini kewenangan Provinsi Banten, akan tetapi Pemerintah Daerah Kabupaten Lebak akan membantu siswi SMAN 1 Malingping agar bisa berkompetisi sains ke Amerika Serikat. Selain mereka melombakan karya ilmiahnya. Mereka juga turut membanggakan Kabupaten Lebak di ajang Internasional”, ujar Wakil Bupati Lebak.

Baca : Putri Uswatun Hasanah Anak Penerima Manfaat PKH Kabupaten Lebak Juara 1 Sains Tingkat Nasional Mewakili Indonesia di Ajang ISEEF di California Amerika Serikat

Wakil Bupati Lebak menambahkan agar kedepan bukan hanya pakan ikan saja yang bisa di modifikasi dari limbah sagu, namun berharap siswa-siswi SMA pada kelompok ilmiah remaja bisa menemukan pakan alternatif untuk kambing perah.

“Karya-karya kelompok ilmiah remaja yang ditemukan harus aplikatif seperti karya ilmiah yang saat ini akan di kompetisikan ke Amerika Serikat. Sehingga, karya ilmiah ini bisa bermanfaat untuk publik. Selain itu juga, bisa bernilai bisnis baik untuk perusahaan pakan maupun untuk usaha pribadi”, tegas Wakil Bupati Lebak.

Wakil Bupati Lebak juga akan membantu para siswa-siswi untuk pemberangkatan ke Amerika Serikat dalam kompetisi sains. “Ya, kita akan upayakan membantu secara gotong-royong agar para siswi delegasi Indonesia tampil untuk mengikuti kompetisi sains di Amerika Serikat”, imbuh H. Ade Sumardi.

Wakil Bupati Lebak menerima Siswi Berprestasi KIR Logos SMAN 1 Malingping
Wakil Bupati Lebak menerima Siswi Berprestasi KIR Logos SMAN 1 Malingping

Baca : Siswa-Siswi KIR Logos SMAN 1 Malingping Menyambangi DPRD Lebak

H. Tedjo Indoko, S.Pd, selaku Wakasek Kesiswaan SMAN 1 Malingping dan sekaligus Pembina KIR Logos menyampaikan terimakasih banyak kepada Wakil Bupati Lebak yang sudah menerima di ruangannya.

“Kami sangat berterima kasih kepada Bapak H. Ade Sumardi, S.E yang sudah menerima kami di ruangannya. Kami pun bisa memaparkan dan menjelaskan tentang karya ilmiah yang akan di kompetisikan di Amerika Serikat”, ujar H. Tedjo Indoko.

Ia pun menambahkan bahwa membutuhkan dana yang sangat besar dalam proses pemberangkatan kompetisi sains ke Amerika Serikat.

“Kita ketahui, bahwa proses pemberangkatan kompetisi ini tidak semuanya di biayai oleh pihak LIPI, melainkan biaya mandiri. Sehingga, kami sangat membutuhkan sponsor agar karya tulis ilmiah siswi SMAN 1 Malingping bisa di kompetisikan di Amerika Serikat. Saya pun terharu dan mengucapkan terimakasih banyak kepada Pak Wakil Bupati Lebak, Bapak H. Ade Sumardi, S.E yang sudah berkenan menjadi sponsor kami”, ungkap Wakasek Kesiswaan SMAN 1 Malingping. (MIR)

SMSI