H. Enden Mahyudin selaku Ketua Komisi I DPRD Lebak dari Fraksi PDI Perjuangan dalam memaparkan industri 4.0 pada Senin (17/02/2020)
H. Enden Mahyudin selaku Ketua Komisi I DPRD Lebak dari Fraksi PDI Perjuangan dalam memaparkan industri 4.0 pada Senin (17/02/2020)

LEBAK, beritajuang.com – Dalam acara Forum Perangkat Daerah/ Forum Lintas Perangkat Daerah yang diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Lebak di hadiri oleh beberapa unsur terkait, diantaranya unsur Pemerintah Kabupaten Lebak, DPRD Kabupaten Lebak (komisi I), unsur Pemerintah Provinsi Banten, serta koordinator Kecamatan, dan Kelurahan/ Desa pada Senin (17/02/2020).

Pada kesempatan itu, Kepala DMPD Lebak, Drs. H. Babay Imrony, M.Si., dalam sambutannya menyampaikan, “arah kebijakan pemerintah Kabupaten Lebak saat ini khususnya Kelurahan/ Desa, fokus pada penguatan unsur kelembagaan di dalamnya, selain itu soal optimalisasi pembinaan, dan pemberdayaan masyarakat desa menjadi tujuan khusus pemerintah, agar sumber daya yang kita miliki di setiap wilayah kabupaten Lebak dimulai dari Kelurahan/ Desa, mampu menyambut visi dan misi program pemerintah daerah”, jelas Kepala Dinas DPMD Kabupaten Lebak.

Ditambahkan H. Babay Imrony, “ada hal yang sebetulnya sangat mengganggu dalam laju percepatan pembangunan di wilayah kita ini, yakni soal ‘mindset’ atau cara berfikir masyarakat itu sendiri. Contohnya ada desa yang ‘enggan’ naik kategori dari desa tertinggal menjadi desa maju. Karena nanti tidak mendapatkan bantuan pemerintah. tentu saja ini sebuah kekeliruan yang sangat besar. Mengapa? Karena secara tidak langsung kita menolak untuk maju dan berkembang. Nah kebetulan kita hari ini kedatangan pemateri yang luar biasa yakni Ketua Komisi I DPRD Lebak H Enden Mahyudin, semoga mampu memberikan pencerahan bagi kita semua”, tambah H. Babay Imrony.

Pantauan beritajuang.com, setelah acara dibuka oleh Kepala DPMD Kabupaten Lebak, dilanjutkan pada gelaran materi acara yang menghadirkan beberapa narasumber, salah satu di antara yakni Komisi I DPRD Kabupaten Lebak H. Enden Mahyudin selaku ketua Komisi I DPRD Lebak, sebagai salah satu mitra kerja DPMD Kabupaten Lebak.

DPMD, Komisi I DPRD Kabupaten Lebak pada acara Forum Perangkat Daerah pada Senin (17/02/2020)
DPMD, Komisi I DPRD Kabupaten Lebak pada acara Forum Perangkat Daerah pada Senin (17/02/2020)

Dalam paparan materi yang disampaikannya, H Enden Mahyudin memberikan materi tentang “Pembinaan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa di era 4.0”.

Ia menegaskan bahwa, “hari ini semua masyarakat kabupaten lebak wajib untuk berfikir maju, Mengapa? Karena satu pun dari kita tidak bisa mengelak dari era perkembangan ilmu dan tekhnologi. Jika tidak, maka kita semua akan menjadi penyumbang ketertinggalan peradaban”, jelas ketua Komisi I DPRD Lebak.

H. Enden menjelaskan, “sekarang ini semua serba digital, semua serba berinovasi dengan tekhnologi, dari mulai kita beraktifitas di pagi hari sampai terlelap tidur, semuanya tidak lepas dari peran teknologi (internet of things / internet of people). Kini Data ialah mata uang baru, miliyaran orang berbagi data secara online, semua kegiatan terhubung dengan internet, mengirim triliunan signal real time ke cloud, contohnya seperti penunjuk arah (GPS), data berbasis perdagangan, lingkungan, sosial, ekonomi dan lain sebagainya”, sambung H Enden Mahyudin.

“Maka, perlu adanya penyesuaian antara arah pembangunan kebijakan dengan perkembangan ilmu dan teknologi, khususnya yang sekarang ini menjadi rujukan pembahasan tentang pembinaan dan pemberdayaan masyarakat desa. Memang akses internet di wilayah kita ini belum sepenuhnya teraliri secara merata ke setiap orang. Namun khusus untuk wilayah perdesaan yang akses internya masih terbatas, cukup perangkat desa yang mempelopori revolusi industri 4.0. Dengan cara membentuk tim IT (teknologi informasi) yang melakukan pengembangan dan pelayanan terhadap masyarakat, semisal pembentukan media center desa dan pelayanan virtual. Dan juga yang tak kalah penting harus melakukan pemberdayaan pada masyarakat usia produktif (17-40 tahun), guna membangun sumberdaya technostruktur (sadar tekhnologi) yang lebih banyak dan berkualitas”, tegas H. Enden Mahyudin.

Masih H. Enden Mahyudin, dengan paparannya bahwa “jika kita mampu melakukan sampai ke arah sana, niscaya kemajuan peradaban akan semakin dekat. Ini akan berimplikasi langsung pada peningkatan perekonomian, kesejahteraan sosial, kemandirian dan lain sebagainya. Karena dengan adanya revolusi industri 4.0, semua menjadi serba mudah, cepat, efektif, dan efisien”, tutup Ketua Komisi I DPRD Lebak. (AF)

SMSI