LEBAK, beritajuang.com – Kantor Pertanahan Kabupaten Lebak mengadakan sosialisasi penyuluhan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di Desa Tamansari, Kecamatan Banjarsari, pada Sabtu (20/02/2021).

Ruyani, selaku kepala Desa Tamansari menjelaskan bahwa sosialisasi ini sangat penting dilakukan oleh Kantor Pertanahan Kabupaten Lebak kepada masyarakat di Desa Tamansari.

“Mengingat sering kali masyarakat selalu tidak mengetahui akan pentingnya surat-surat terhadap kepemilikan tanah,” ucapnya.

Ia menjelaskan bahwa selaku kepala desa menegaskan agar segera mendaftar bagi warga yg belum memiliki sertifikat, karena betapa pentingnya PTSL buat warga.

Kantor Pertanahan Kabupaten Lebak Gelar Sosialisasi Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di Desa Tamansari
Kantor Pertanahan Kabupaten Lebak Gelar Sosialisasi Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di Desa Tamansari

“Hal ini sebagai untuk meningkatkan tarap perekonomian kedepan. sosialisasi PTSL Desa Tamansari dihadiri narasumber dari Kejaksaan yang diwakili oleh Bapak Rendra dan dari kapolsek Bapak Suhara serta jajaran tim PTSL baik dari kabupaten maupun dari desa,” ucapnya.

Baca Juga : Aksi Mogok Buruh PT RDL Berakhir Dibayangi Kekhawatiran

Hasil pantauan awak media hadir pula 13 RT dan 3 RW beserta warga yang mendaftar.

Ruyani, menegaskan agar tidak ada pungutan lain selain dari kewajiban yang sudah diatur oleh ketentuan.

“Ya itu Rp 150.000 diperuntukkan untuk buku dan buat administrasi lainnya seperti jual beli, hak waris, dan kuasa waris,” tutupnya. (Red)