SERANG, beritajuang.com – Ketua Umum Himpunan Alumni Institut Pertanian Bogor (HA-IPB) Ir. Fathan Kamil menilai, Aksi Relawan Mandiri (ARM) HA-IPB telah menjadi instrumen perekat (bonding tool) yang kuat untuk menyalurkan energi dan komitmen sosial dari seluruh Alumni IPB. Hal itu terlihat terutama dalam aksi ARM terakhir dalam menyalurkan bantuan bagi para penyintas bencana gempa di Sulawesi Barat dan banjir di Kalimantan Selatan.

“Dalam aksi itu, saya melihat munculnya dukungan yang luar biasa dari berbagai faksi alumni, dari berbagai aliran serta kelompok, juga himpunan alumni fakultas, maupun angkatan,” ujarnya, saat membuka Rakernas II ARM HA-IPB di Gedung Alumni Baranangsiang, Bogor, Jawa Barat, dari Banda Aceh secara online, pada Sabtu pagi, 20 Februari 2021.

Sinyal itu, kata Fathan Kamil, tidak hanya terlihat sebagai bentuk kepedulian yang bersifat sementara, tapi tampak lebih substansial.

“Kegiatan-kegiatan sosial kebencanaan yang dilakukan ARM telah menjadi wadah penyalur dahaga alumni untuk menyalurkan energi sosial mereka ke depan,” ujarnya.

Baca Juga : Menyikapi Kebangkitan Ekonomi Banten pasca Pandemic Covid -19, DPD HA IPB Banten lakukan Rapat Terbatas Pengurus

Untuk memenuhi harapan para alumni, Ketua Umum HA-IPB memberikan arahan agar ARM dapat mengejawantahkan harapan itu dengan memperkuat fondasi organisasi dan merancang kegiatan yang terencana dan berkesinambungan. Hal ini sangat penting seiring dengan pertumbuhan ARM yang lebih cepat dari pada badan otonomi lainnya, agar organisasi ARM bisa terus berlanjut hingga ke masa depan, dan sebagai bagian dari kebutuhan bangsa.

Dengan pengalaman para pimpinan ARM dalam berkhidmat di bidang kebencanaan di level nasional maupun internasional, Fathan berharap agar pengetahuan dan pengalaman itu bisa ditularkan kepada para pengurus muda ARM.

“Semoga ARM dapat melakukan transfer of knowledge and experiece agar menjadi lembaga yang kuat, dan mendorong menjadi oase kegiatan baru di ranah sosial,” ujar Fathan Kamil.

Anggota Dewan Pengawas ARM HA-IPB Prof. Dr. Ir. Euis Sunarti, M.S., sepakat dengan penilaian Ketua Umum HA IPB. Guru Besar IPB bidang Ketahanan Keluarga ini juga berharap agar dengan wadah ARM, alumni IPB dapat terus berkontribusi dalam upaya penanggulangan bencana di Indonesia.

“Ada posisi yang bisa dilakukan HA-IPB. Selama ini transfer of knowledge tidak mulus, sementara kondisi ekonomi mempuat upaya penanggulangan bencana berjalan lambat,” ujarnya.

Baca Juga : DPD HA IPB Banten Kembali Salurkan Bibit Ke Warga Desa Kadubungbang, Cimanuk Pandeglang

Menanggapi penilaian dan harapan Ketua Umum HA IPB, Ketua Umum ARM HA IPB Ir. Ahmad Husein mengatakan bahwa pada tahun 2021 ini, ARM akan berupaya mempertajam kegiatan dalam beberapa sektor, terutama untuk meningkatkan kapasitas para pengurus, melengkapi dan menyempurnakan proses legal ARM, serta membentuk beberapa DPD ARM baru.

“Kami sedang merancang rencana strategis sampai 2023 yang akan menjadi peta jalan ARM sebagai sebagai sebuah lembaga yang bermartabat dan menebar manfaat,” ujarnya.

Rancangan strategis ke depan ini akan diwujudkan dalam penyusunan berbagai peraturan dan panduan, peningkatan kompetensi pengurus dan relawan, peningkatan kapasitas pendanaan (funding) dan komunikasi pemasaran (marketing communication), peningkatan mutu program layanan dalam tanggap bencana dan kesiapsiagaan bencana, serta memperluas jaringan kemitraan kemanusiaan dengan mitra lembaga kebencanaan lain, media, dan masyarakat.

Baca Juga : Wakil Bupati Lebak, DPD HA IPB Banten dan MPMK Lakukan Penanaman 10.000 Pohon di Lahan Kritis

Rapat Kerja Nasional ARM HA IPB II dihadiri oleh Pimpinan Pusat HA-IPB, Dewan Pembina dan Dewan Pengawas ARM HA-IPB, seluruh pengurus pusat dan perwakilan beberapa Pengurus Daerah ARM HA-IPB, juga beberapa lembaga otonom HA IPB, beberapa Himpunan Alumni Fakultas dan angkatan, serta mitra ARM-HA IPB. Karena situasi pandemi covid-19, Rakernas ARM HA-IPB kedua berlangsung secara hybrid, sebagian hadir secara fisik di Center of Command ARM di Gedung Alumni IPB Baranangsiang, Bogor, sementara sebagian mengikuti secara daring.(Red)